Home / Advetorial / Pemkab Tana Tidung

Kamis, 18 Mei 2023 - 23:43 WIB

Ibrahim Hadiri Pengukuhan Pengurus MUI Tana Tidung

Tana Tidung (BERANDATIMUR) – Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tana Tidung, masa khidmat 2022-2027 dikukuhkan pada Kamis 30 Maret 2023.

Pengukuhan MUI Tana Tidung dihadiri Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali serta Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Tidung, tokoh agama dan tokoh adat.

Saat memberikan sambutan, Ibrahim pengurus MUI Tana Tidung yang telah dikukuhkan dapat mengawal terus berbagai permasalahan keagamaan di Bumi Upun Taka.

Jika ada pemahaman dan pengamalan yang tidak sesuai dengan syariat Islam, dapat dikaji dan diteliti dengan sebaik-baiknya, harap dia.

“MUI adalah lembaga swadaya mssyarakat yang mewadahi para ulama, zuama dan cendikiawan muslim untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia,” kata Ibrahim.

Ia mengatakan MUI memiliki peranan penting dan strategis bahkan menjadi partner pemerintah pusat hingga daerah dalam menjaga kondusifitas permasalahan keagamaan dan masyarakat.

Ada tiga tujuan pemerintah membentuk MUI, mulai dari memperkuat agama dengan cara yang dijelaskan Pancasila untuk memastikan ketahanan nasional.

Kemudian ulama yang terhimpun di MUI turut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional dan mempertahankan keharmonisan antar umat beragama di indonesia.

“MUI diharapkan dapat bertindak sebagai antarmuka antara pemerintah dengan masyarakat Islam. Menjaga bangsa ini dari perpecahan terutama konflik yang bernuansa agama yang memiliki potensi pertikaian baik organisasi Islam maupun aliran keagamaan,” bebernya.

Ia berharap hadirnya MUI di masa jabatan baru ini dapat terus mengawal berbagai permasalahan keagamaan di Tana Tidung.

Jika ada berbagai pemahaman dan pengamalan yang tidak sesuai dengan syariat Islam untuk dapat dikaji dan diteliti dengan sebaik-baiknya.

Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dan dampak yang luas di masyarakat yang dapat memicu tindakan intoleransi baik antara sesama muslim maupun kepada agama lain.

Jangan Lewatkan  Safari Ramadan Bupati KTT, ASN Diingatkan Bayar Zakat di Tana Tidung

“Semoga MUI Tana Tidung dapat membawa maslahat bagi masyarakat. Semoga amanah dan beban tugas yang sudah dipercayakan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. demi terwujudnya Upun Taka yang berperadaban, sejahtera, indah dan humanis,” harapnya. (adv)

 

Share :

Baca Juga

Advetorial

Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77

Advetorial

Wagub Kaltara Pastikan Mutu Pembangunan Terjaga

Advetorial

Kapolda-Danrem 092 Pantau TPS Pemilu 2024 di Tarakan

Advetorial

Pemprov Kaltara Susun Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Advetorial

Bupati Laura Harap Kader HMI Berkontribusi Memajukan Nunukan

Advetorial

Kapolri Bersama Menko Polhukam Pantau Kesiapan Arus Mudik di Merak

Advetorial

Upaya Tekan Kemiskinan, Gubernur Kaltara Apresiasi Tim SKALA

Advetorial

Peringatan HUT Nunukan Ke-24, Laura Berpantun dan Mengajak Hentikan Mengeluh