Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 6 Juli 2023 - 12:50 WIB

ASN Pemprov Kaltara akan Ikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi 

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Dalam mempercepat penyediaan data potensi dan kompetensi ASN (Talent Pool) untuk peningkatan dan penguatan implementasi manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyelenggarakan Computer Assisted Competency Test (CACT).

Metode CACT ditujukan untuk pemetaan/penilaian potensi dan kompetensi ASN dan merupakan program dukungan Kementerian/Lembaga (K/L) termasum daerah agar dapat segera mengimplementasikan manajemen talenta termasuk sistem meritnya.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Renbang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Yusuf Suardi, saat mengikuti Rapat Koordinasi (Zoom) Persiapan Penyelenggaraan Penilaian Potensi dan Kompetensi ASN Tahun 2023, di Kantor Gadis BKD belum lama ini.

Yusuf melanjutkan, kegiatan pemetaan penilaian potensi dan kompetensi bagi ASN Kaltara merupakan program prioritas nasional BKN tahun 2023.

Yusuf juga menyampaikan tentang tantangan yang ada saat ini tentang masih rendahnya data potensi dan kompetensi ASN.

“Semoga dengan digunakan metode CACT ini mampu memenuhi data potensi dan kompetensi ASN secara cepat. Di samping itu, faktor biaya yang mahal dalam pengumpulan data potensi dan kompetensi ASN sebelum adanya sistem CACT bisa dieliminir,” katanya.

Sejalan dengan itu, Koordinator pada Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN, Suparlan menyampaikan bahwa metode CACT dirancang sedemikian rupa dengan beberapa karakteristik, diantaranya berbasis digital, diselenggarakan secara massal, pengelolaan data berbasis aplikasi, serta terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) yang digunakan oleh pejabat adminstrator, pengawas, pelaksana, fungsional madya jenjang ke bawah.

“Cakupan tahapannya meliputi tiga subtes yakni manajerial sosio-kultural, literasi digital, dan emerging skill,” tuntasnya. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Gubernur Kaltara Minta Ormas Jaga Kedamaian dan Cegah Peredaran Narkoba

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wisudawan UBT Didorong Jadi Mesin Penggerak Kemajuan Kaltara

Advetorial

Pemprov Kaltara dan DPRD Sepakati Perubahan KUA-PPAS APBD 2023

Advetorial

Dorong Ekonomi Masyarakat, Bupati Nunukan Kunjungi Pasar Ramadan

Advetorial

PT GER Optimis “Carbon Trade” Picu Kesejahteraan Masyarakat

Advetorial

Ditpolairud Polda Kaltara Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu-sabu

Advetorial

Puluhan Tim Ikut Lomba Senam Yameto dan Lukiwol

Advetorial

Bupati Nunukan Luncurkan 2 Peserta PKN II Angkatan XII/2023

Advetorial

Bidhumas Polda Kaltara Laksanakan Hari Lanjut Usia Nasional