Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Senin, 10 Juli 2023 - 19:10 WIB

Dekranasda Kaltara Bawa 8 Desainer Muda di Fashion Show Internasional

Senggigi (BERANDATIMUR) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kalimantan Utara menampilkan delapan desainer muda tampil pada fashion show Lombok Internasional Modest Fashion Festival (Limoff) 2023 di Merumata Hotel, 6-9 Juli 2023.

“Alhamdulillah ini pertama kali kita (Kaltara) ikut pada fashion show, dengan desainer tingkat nasional hingga internasional dari 5 negara asia,” ujar Rachmawati Zainal, Ketua Dekranasda Kaltara.

“Berani tampil ke depan agar bisa meraih prestasi, dan Kaltara sungguh hebat, mereka takjub melihat hasil karya anak-anak millenial kita yang masih muda-muda, perdana (tampil) langsung mengguncang Lombok,” jelas Rachma.

“Momen selanjutnya pasti akan lebih hebat lagi dan paling utama mereka mengangkat etnik lokal. Sangat terharu dan sangat bangga, takjub karena desain-desain yang tampil begitu luar biasa,” ujarnya memuji para desainer.

Pada Agustus 2023, Dekranasda Kaltara akan tampil lagi di Bali sehingga perlu mempersiapkan karyanya baik yang sudah pernah tampil maupun belum.

Rachma mengatakan tidak tertutup kemungkinan desainer Kaltara akan tampil go internasional di Singapura, Thailand dan Philipina.

Salah seorang desainer asal Kota Tarakan bernama Nur Rizqiana yang tampil pada Limoff 2023 ini  mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kaltara yang telah mengikutsertakan para desainer untuk tampil.

“Tentunya untuk mengasah bakat kami, dan meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan inovasi, di bidang fashion,” ucapnya.

Desainer lain yang tampil yakni Solagratia, Lucky Ahmad Sobirin dari Kabupaten Bulungan, Faridatul Mawadah, Yolanda Meirisca, Enggar Wulaningtiyas, Nirmala Ramadana, dari Kota Tarakan dan desainer Kabupaten Malinau, Mutia Ismik Rakhma.

Dekranasda Kaltara berfokus ragam produk asli Kaltara agar dikenal melalui pameran kriya maupun fashion show.

Heri Siampa, selaku Sekertaris Dekranasda Kaltara mengungkapkan proses terpilihnya para desainer telah melalui penilaian yang obyektif dan profesional.

Jangan Lewatkan  Ajak Orang Tua Sosialisasikan Dampak Penggunaan Gawai

Kali ini fokus pada sketsa busana muslim dengan tema formal, kasual dan pesta.

Ia menambahkan, sebagian desainer adalah binaan inkubasi Bank Indonesia bersinergi dengan Pemprov Kaltara.

“Untuk itu kita terus mendorong agar para desainer lokal Bumi Benuanta terus berinovasi dan memperkaya desainnya dengan tetap mempertahankan aspek kearifan lokal,” ucap Heri.

Lima negara yang turut menampilkan karyanya pada Limoff 2023 yakni Philipina, Malaysia, Singapura, Brunei dan Kamboja. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kaltara Tawarkan Proyek Senilai Rp10 T Kepada Investor

Advetorial

Sibangku Tarawangan Raih Peringkat 3 PKN Tingkat II Angkatan II

Advetorial

Konsep Perumahan Modern Dibangun di Tanjung Selor

Advetorial

Parade Scooter Borneo, Ajang Promosi Budaya Kaltara

Advetorial

35 Ribu Pekerja Rentan di Kaltara Dilindungi BPJS TK

Advetorial

Pasca Lebaran, Ditlantas Polda Kaltara  Aktif Kembali Gatur Lalin

Advetorial

Libas Kemenko PMK 4-0, Tim Futsal Kaltara Masuk 16 Besar

Advetorial

Perpusnas Gelar Stakeholder Meeting-Bangun Literasi Masyarakat