Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Senin, 10 Juli 2023 - 19:10 WIB

Dekranasda Kaltara Bawa 8 Desainer Muda di Fashion Show Internasional

Senggigi (BERANDATIMUR) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kalimantan Utara menampilkan delapan desainer muda tampil pada fashion show Lombok Internasional Modest Fashion Festival (Limoff) 2023 di Merumata Hotel, 6-9 Juli 2023.

“Alhamdulillah ini pertama kali kita (Kaltara) ikut pada fashion show, dengan desainer tingkat nasional hingga internasional dari 5 negara asia,” ujar Rachmawati Zainal, Ketua Dekranasda Kaltara.

“Berani tampil ke depan agar bisa meraih prestasi, dan Kaltara sungguh hebat, mereka takjub melihat hasil karya anak-anak millenial kita yang masih muda-muda, perdana (tampil) langsung mengguncang Lombok,” jelas Rachma.

“Momen selanjutnya pasti akan lebih hebat lagi dan paling utama mereka mengangkat etnik lokal. Sangat terharu dan sangat bangga, takjub karena desain-desain yang tampil begitu luar biasa,” ujarnya memuji para desainer.

Pada Agustus 2023, Dekranasda Kaltara akan tampil lagi di Bali sehingga perlu mempersiapkan karyanya baik yang sudah pernah tampil maupun belum.

Rachma mengatakan tidak tertutup kemungkinan desainer Kaltara akan tampil go internasional di Singapura, Thailand dan Philipina.

Salah seorang desainer asal Kota Tarakan bernama Nur Rizqiana yang tampil pada Limoff 2023 ini  mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kaltara yang telah mengikutsertakan para desainer untuk tampil.

“Tentunya untuk mengasah bakat kami, dan meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan inovasi, di bidang fashion,” ucapnya.

Desainer lain yang tampil yakni Solagratia, Lucky Ahmad Sobirin dari Kabupaten Bulungan, Faridatul Mawadah, Yolanda Meirisca, Enggar Wulaningtiyas, Nirmala Ramadana, dari Kota Tarakan dan desainer Kabupaten Malinau, Mutia Ismik Rakhma.

Dekranasda Kaltara berfokus ragam produk asli Kaltara agar dikenal melalui pameran kriya maupun fashion show.

Heri Siampa, selaku Sekertaris Dekranasda Kaltara mengungkapkan proses terpilihnya para desainer telah melalui penilaian yang obyektif dan profesional.

Jangan Lewatkan  Disnaker Nunukan Buat Posko Pengaduan THR Idul Fitri

Kali ini fokus pada sketsa busana muslim dengan tema formal, kasual dan pesta.

Ia menambahkan, sebagian desainer adalah binaan inkubasi Bank Indonesia bersinergi dengan Pemprov Kaltara.

“Untuk itu kita terus mendorong agar para desainer lokal Bumi Benuanta terus berinovasi dan memperkaya desainnya dengan tetap mempertahankan aspek kearifan lokal,” ucap Heri.

Lima negara yang turut menampilkan karyanya pada Limoff 2023 yakni Philipina, Malaysia, Singapura, Brunei dan Kamboja. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Polri Ringkus Buronan Thailand di Bali, Punya KTP Bernama Sulaiman

Advetorial

Gubernur Kaltara Instruksikan OPD Tingkatkan Pelayanan Publik

Advetorial

Diskominfo Tana Tidung Berbagi

Advetorial

Pemprov Kaltara Minta Perangkat Daerah Kawal SPM Hingga Akhir Tahun

Advetorial

WanOps Mantap Brata 2024 Tiba di Polda Kaltara

Advetorial

Ketua TP-PKK Kaltara Kunjungi Kawasan Transmigrasi Sepunggur

Advetorial

Penelusuran Gua Kars Batu Putih (Bagian 2-habis): Batu Tumpuk Jadi Destinasi Wisata Alternatif Masyarakat
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemuli 2024 di Kabupaten Nunukan Sebanyak 146.226 Jiwa

Advetorial

3.578 Calon Pemilih Belum ber-KTP, Disdukcapil Nunukan: Siap Lakukan Perekaman