Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Selasa, 18 Juli 2023 - 13:01 WIB

Inovasi Program Dokter Terbang Masuk Finalis 15 Besar 

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Inovasi Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara (Pro Lantera Ku) masuk 15 finalis dengan tahapan presentasi dan wawancara Kelompok Khusus pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Pro Lantera Ku adalah Top Terpuji selama Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2014-2021.

Di hadapan Tim Panel Independen atau TPI, Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP mempresentasikan inovasi Pro Lantera Ku milik Dinas Kesehatan (Dinkes) ini secara daring di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Gubernur Kaltara, Senin, 17 Juli 2023.

“Pro Lantera Ku sebagai strategi Pemprov Kaltara memaksimalkan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Pelayanan Pro Lantera Ku telah menjadi penopang penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah ini,” jelas Wagub.

Dampaknya, sejak awal 2014 hingga April 2023, total masyarakat yang terlayani Pro Lantera Ku sebanyak 18.315 orang. Dari segi biaya, periode 2019-2021, anggaran yang dihabiskan untuk layanan berobat gratis ini sebesar Rp5,15 miliar.

Estimasi biaya jika masyarakat berobat secara mandiri ke rumah sakit terdekat itu bisa menelan biaya Rp21 miliar. Namun, tantangan geografis dan infrastruktur yang minim membuat akses pelayanan medis tetap menjadi kendala.

“Kendati demikian, tim Pro Lentera Ku bekerja tanpa lelah untuk memberikan bantuan medis kepada penduduk yang kesulitan mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan,” ujar Wagub Yansen.

Pemprov Kaltara sendiri, terdaftar masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) No. 54 Tahun 2023, tentang Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2023.

Jangan Lewatkan  Gubernur Kaltara Minta OPD Pacu Serapan Anggaran

Dari instansi pemerintah yang berhasil masuk daftar 15 Finalis Kelompok Khusus KIPP 2023 terdiri dari 2 kementerian, 1 lembaga, 3 pemerintah provinsi, 6 pemerintah kabupaten, dan 3 pemerintah kota.

Pro Lantera Ku bersama 2 inovasi lainnya di jajaran Pemerintah Provinsi. Yakni, Melintasi Batas Ruang Kelas Bersama milik Pemprov DI Yogyakarta, dan Cegah Kanker Serviks Dengan Mobil Deteksi Kanker Hibiscus dan Motor Bunga Indah milik Pemprov DKI Jakarta. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Pemprov Kaltara Alokasikan Rp15 M Perbaikan Jalan Lingkar Krayan

Advetorial

Upaya Tekan Kemiskinan, Gubernur Kaltara Apresiasi Tim SKALA

Advetorial

Peringatan HUT RI Ke-78, Wagub: Jaga Keamanan Wilayah
PDAM Tirta Taka Nunukan Meraih Penghargaan Top BUMD Kategori Perbatasan

Advetorial

Aktif Bergerak di Perbatasan Negara, Perumda Tirtataka Nunukan Raih 4 Penghargaan Sekaligus

Advetorial

Iraw Tengkayu XII Kota Tarakan Masuk Agenda KEN

Advetorial

Optimis Raih Rekor MURI, Senam Yameto Bakal Diikuti 5.000 Anak Sekolah

Advetorial

Wagub Kaltara Motivasi pada Tenaga Pendidik

Advetorial

Rembuk Stunting, Wagub Fokuskan pada Transformasi Pikiran