Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Minggu, 23 Juli 2023 - 18:28 WIB

Gubernur Kaltara Teken MoU Dengan PT GER Soal Perdagangan Karbon

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang mendukung peluang perdagangan karbon di provinsi ke 34 ini. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dan PT Global Eco Rescue (GER) Lestari.

Tujuannya sebagai langkah percepatan kolaborasi untuk konservasi, rehabilitasi, dan restorasi ekosistem mangrove dan lahan gambut untuk mendukung Yurisdiksi Enhanced – National Determined Contribution (E-NDC) di Provinsi Kaltara.

Paliwang mengatakan luas kawasan mangrove di Kaltara saat ini mencapai 262.318 hektare dan berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 129/Men LHK Sekjen PKT/2/2017, luas kesatuan hidrologis gambut di Kaltara seluas 347.541 hektare.

“Lahan gambut kita ini sangat luas dan mungkin terluas di Indonesia dibandingkan Bali, Kaltim ataupun tempat lain,” kata Gubernur Kaltara ini.

Ia menambahkan, dengan lahan mangrove dan gambut yang dimiliki menjadi keuntungan besar bagi Kaltara. Pasalnya, tidak hanya memberikan sumbangsih terhadap penurunan emisi gas rumah kaca, tapi menjadi peluang untuk perdagangan karbon (Carbon Trade).

Paliwang menyatakan, tujuan pertama kerja sama ini adalah untuk memperkuat tata kelola restorasi dan konservasi. Kedua, meningkatkan alternatif berkelanjutan untuk mata pencaharian masyarakat lokal.

Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi kawasan mangrove dan ekosistem gambut, keempat memperkuat pemantauan pelaporan dan verifikasi serta pengelolaan agar segera tercapai.

Kegiatan ini nanti akan melibatkan kaum milenial mulai penanaman, menjaga dan merawat karena semua kabupaten telah terbentuk jaringan petani milenial yang akan dimulai pada Agustus 2023, paparnya.

Ia menyebutkan anggaran yang disiapkan untuk kegiatan penanaman mangrove sebesar US$180 juta. Sasarannya di Kabupaten Bulungan, Nunukan dan Tana Tidung.

“Hilirnya nanti untuk kesejahteraan masyarakat, karena kita juga akan menjual karbon ke beberapa negara,” tuturnya.

Jangan Lewatkan  Pegawai Kurang Disiplin Akan Diberikan Pembinaan

Dia menambahkan jika kegiatan penanaman mangrove hampir setiap bulan dilakukan, apalagi ketika ada tamu dari luar ke Kaltara akan diajak menanam mangrove. Terakhir penanaman mangrove dilakukan saat kedatangan Alumni PTIK yang dilaksanakan di Tana Tidung. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sertifikat Halal, Tingkatkan Kepercayaan Konsumen dan Daya Saing Produk

Advetorial

Nunukan Dianugerahi Reksa Bandha 2022

Advetorial

Nunukan Berzakat, Laura Ingatkan Masyarakat Cepat Bayar Zakat

Advetorial

Warga Nunukan Ciptakan Mesin Pencuci Tali Rumput Laut

Advetorial

Polda Kaltara Nobar “Jogja Asyik, Jogja Bermusik Untuk Indonesia Apik”

Advetorial

Wabup Nunukan Hadiri Penutupan Festival Literasi Sedunia di Mansalong

Advetorial

Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77

Advetorial

Wabup Nunukan Apresiasi Sunatan Massal yang Digelar Dinkes-PKK