Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 27 Juli 2023 - 05:32 WIB

Akreditasi Rumah Sakit Berperan Untuk Kualitas Layanan Kesmas

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Akreditasi bagi rumah sakit menjadi pondasi penting dalam kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Akreditasi adalah langkah kritis untuk memastikan bahwa standar kualitas pelayanan medis terpenuhi dan memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait keamanan dan keandalan layanan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kaltara H. Usman saat pertemuan dengan seluruh Rumah Sakit (RS) Pratama di Hotel Tarakan Plaza, Kota Tarakan, Rabu, 26 Juli 2023.

Usman menilai, memahami pentingnya akreditasi RS Pratama, diharapkan semua pihak terkait termasuk pemerintah, manajemen rumah sakit, dan tenaga medis, dapat bersama-sama berkomitmen untuk mencapai dan mempertahankan standar kualitas pelayanan kesehatan yang tinggi.

Sebab, akreditasi RS Pratama adalah langkah menuju pelayanan kesehatan yang lebih baik dan memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam mencari perawatan medis yang berkualitas.

“Semua RS Pratama kita undang, narasumber ada dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta ada juga dari Komite Akreditasi Rumah Sakit atau KARS. Nanti akan dibahas dan disampaikan secara terperinci mengenai standar seperti apa yang perlu dipersiapkan oleh RS Pratama,” tandasnya.

Terkait meningkatkan mutu dan akreditasi, kata Usman, saat ini masih menunggu standar dari Kemenkes.

RS Pratama di Kaltara berjumlah 5 unit, dua di Kabupaten Malinau yakni Long Apung dan Langat, dan tiga di Kabupaten Nunukan masing-masing Sebatik, Krayan dan Sebuku.

“Semua RS Pratama yang ada di Kaltara itu sudah beroperasi, namun kendalanya mereka belum terakreditasi. Hal tersebut lantaran belum adanya standar akreditasi untuk RS Pratama oleh Kemenkes,” katanya.

Harapannya melalui pertemuan ini, seluruh RS Pratama di Kaltara dapat berproses untuk akreditasi. Mengingat akreditasi sebagai fondasi penting dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Ratusan Anak Sunatan Massal di Tarakan

Share :

Baca Juga

Advetorial

Dinas ESDM Sosialisasikan Perizinan Tenaga Listrik

Advetorial

BBNPP Gelar FGD Pengukuran Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan Pusat di Nunukan

Advetorial

PT GER Optimis “Carbon Trade” Picu Kesejahteraan Masyarakat

Advetorial

Inflasi Kaltara Pada Juni 2023 Sebesar 2,91 Persen 

Advetorial

Gubernur Titip Pesan untuk Calon Jemaah Haji Kaltara

Advetorial

Ditsamapta Polda Kaltara Patroli Humanis Jaga Kamtibmas

Advetorial

Pembangunan SUTET Masuk Tahap Konsultasi Publik

Advetorial

Dinkes-PKK Nunukan Adakan Sunatan Massal