Home / Advetorial

Selasa, 1 Agustus 2023 - 08:30 WIB

Polda Kaltara Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan yang Diserahkan Masyarakat Adat

Bulungan (BERANDATIMUR) – Polda Kaltara memusnahkan puluhan senjata api rakitan yang diserahkan oleh masyarakat adat ke Polres Bulungan.

Demi menjaga suasana Kamtibmas, pemusnahan senpi jenis penabur ini dilakukan di Mapolres Bulungan pada Senin, 31 Juli 2023.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya menyatakan, menjelang Pemilu 2024, perlu dilaksanakan cipta kondisi guna menjaga terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Upaya ini dengan menggandeng lembaga adat Dayak dalam mengedukasi masyarakat dalam menegakkan UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan UU darurat No 12 Tahun 1951 terkait kepemilikan senjata api ilegal.

Daniel mengatakan, pemusnahan senpi rakitan ini adalah hasil komunikasi sosial, dialogis serta pendekatan secara persuasif kepada lembaga adat dan pemerintah desa sehingga masyarakat menyerahkan senpi rakitan miliknya secara sukarela kepada aparat kepolisian.

Pemusnahan senpi rakitan tersebut, kata Kapolda Kaltara, demi mencegah penyalahgunaan terhadap tindak kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan, pengancaman, pembunuhan serta tindak kejahatan lain.

Puluhan senpi rakitan ini berasal dari sejumlah desa di Kabupaten Bulungan.

Kapolda Kaltara mengimbau apabila masyarakat merasa was-was menyerahkan senpi miliknya agar berkomunikasi dengan bhabinkamtibmas. (Humas Polda Kaltara)

Jangan Lewatkan  Gubernur Kaltara Sambangi Lokasi Kebakaran dan Berikan Bantuan

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Nunukan Lantik 114 Pejabat Baru

Advetorial

Komitmen Tingkatkan SDM Olahraga Pelajar

Advetorial

Wakapolda Kaltara Bersepeda Sambil Menyapa Warga di Pagi Hari

Advetorial

Kapolda-Danrem 092 Pantau TPS Pemilu 2024 di Tarakan

Advetorial

Polres Malinau Lakukan “Police Goes to School”

Advetorial

Polda Kaltara Rayakan Hari Jadi Ke-6, Dapat Kejutan dari TNI

Advetorial

Pemprov Kaltara Gelar Bimtek Satlinmas

Advetorial

Pasca Lebaran, Ditlantas Polda Kaltara  Aktif Kembali Gatur Lalin