Home / Advetorial / Pemkab Nunukan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:16 WIB

Pemkab Nunukan Kampanyekan GERMAS di Pulau Sebatik

Nunukan (BERANDATIMUR) – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mengampanyekan GERMAS, dengan tema,” Ayoo.. Kita Hidup Sehat, Dalam Kehidupan Sehari -hari”. Budayakan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pembudayaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di berbagai tatanan di Kabupaten Nunukan.

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan RTP Desa Aji Kuning Sebatik Tengah, pada Jumat 22 September 2023. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas tidak lagi hanya sebuah inovasi yang dikenalkan dari Inpres Nomor 1 Tahun 2017.

Germas telah menjadi suatu program indikator baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang keberadaannya diyakini mampu menggiatkan atau memberdayakan masyarakat dalam lingkup kesehatan, terutamanya pada promosi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Kegiatan Pembudayaan Germas (Gerakan Masyarakat) Hidup Sehat ini juga diisi dengan senam bersama anak – anak pendidik dari sekolah yang ada di kecamatan Sebatik tengah.

Sekdakab Nunukan Serfianus menyampaikan terima kasih atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Nunukan dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan P2KB dan OPD terkait lainnya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Germas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui tiga cara utama yaitu membiasakan berolahraga secara teratur, membiasakan makan ikan, sayur dan buah serta melakukan cek kesehatan secara berkala minimal enam bulan sekali.

Germas dipusatkan di Kecamatan Sebatik Tengah yang dikemas dengan berbagai kegiatan diantaranya senam bersama, dirangkaikan dengan pemberian PHBS di SD-SMA, pemberian tablet tambah darah bagi rematri, pemberian 1.000 protein hewani dari ABBAS (khusus untuk anak stunting penerima bantuan).

Lalu, pemberian penghargaan kepada pemenang lomba posyandu aktif, desa terbaik dalam penanganan penurunan stunting dan mendukung program kesehatan, kader posyandu terbaik, kader posyandu teraktif, kantor posyandu terlama, kadar KPM teraktif, peserta kelas ibu hamil aktif, balita mendapat PMT berbasis pangan lokal 90 hari mengubah status gizi kurang menjadi gizi baik dan lain-lainnya. (Prokompim Nunukan)

Jangan Lewatkan  Patroli Dialogis Digencarkan, Cegah Gangguan Kamtibmas

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wagub dan Sekprov Kaltara Ikuti Upacara HUT RI Ke-78 di Istana Negara Secara DaringĀ 

Advetorial

Pelantikan Pengurus IKAHI Kaltara 2023-2026, Perkuat Kualitas Peradilan

Advetorial

HUT Nunukan Ke-24, Bupati: Semangat Kebersamaan, Memajukan Nunukan

Advetorial

Gubernur Zainal Harap KONI Kaltara Tuai Prestasi di PON Aceh-Sumut

Advetorial

Hari Ulang Tahun Nunukan Ke-24, Pejabat Menari Japin dan Semazau

Advetorial

Belasan Personil Polda Kaltara Ikuti Ujian Kesamaptaan Seleksi Sespimma

Advetorial

Peduli Banjir di Sembakung dan Lumbis, BNPB Berikan Bantuan

Advetorial

Raperda Pajak Retribusi Digenjot