Home / Advetorial / Pemkab Nunukan

Kamis, 7 Maret 2024 - 22:54 WIB

Wabup Nunukan Hadiri Penutupan Festival Literasi Sedunia di Mansalong

Nunukan (BERANDATIMUR) – Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah menghadiri malam penutupan festival literasi Provinsi Kaltara 2024 di Mansalong Kecamatan Lumbis pada Rabu, 6 Maret 2024. Festival ini bertema “Penguatan Literasi untuk Masa Depan Bangsa di Perbatasan Negeri”.
Dalam sambutannya Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang diinisiasi langsung oleh dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara untuk meningkatkan literasi kepada anak – anak mudah dan masyarakat.
“Hal ini patut kita apresiasi juga atas semangat dan antusiasme para pelajar dan masyarakat di kecamatan Lumbis ini karena telah mengikuti setiap rangkaian kegiatan festival literasi Kalimantan Utara yang dilaksanakan sejak pagi tadim ” katanya.
Zainal berharap penyelenggaraan festival ini tidak hanya meningkatkan budaya membaca di tengah-tengah masyarakat untuk mengakses informasi yang terpercaya. Menurutnya seiring dengan bertumbuhnya tingkat literasi di Kalimantan Utara, semakin berdampak positif pula bagi meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
“Tentu kita sadari bersama bahwa membaca merupakan salah satu fungsi yang penting dalam kehidupan dengan membaca kita dapat mengakses berbagai macam informasi yang bermanfaat baik dari segi kesehatan maupun pengetahuan, sehingga kita dapat meningkatkan kompetensi diri, kinerja dan produktivitas,” Kata H. Zainal A. Paliwang.
Lanjut dikatakan di jaman yang serba modern seperti saat ini kemudahan dalam mengakses informasi sangat berkembang pesat. “Namun Hal ini juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak – anak muda dan masyarakat kita. Karena kemudahan – kemudahan tersebut dapat mengurangi minat kita untuk membaca. Melalui festival literasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat mebaca anak – anak muda dan juga masyarakat kita”, ujarnya.
“Saya mengharapkan agar budaya gemar membaca di masyarakat Kalimantan Utara bisa terus di tingkatkan, yang tentunya akan meningkatkan sumber daya manusia kita dengan pengetahuan,” katanya.
Dalam upaya membudayakan kegemaran membaca ini, Gubernur Kaltara mengatakan peran perpustakaan di sekitar masyarakat menjadi sangat diperlukan, terlebih lagi untuk daerah – daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan komunikasi yang baik. (Prokompim Nunukan)
Jangan Lewatkan  Usung Pesan Kamtibmas, Ditbinmas Polda Kaltara Sambangi Satpam

Share :

Baca Juga

Advetorial

Gubernur Zainal Terima Audiensi SKK Migas Kalsul

Advetorial

Raperda Pajak Retribusi Digenjot

Advetorial

Harvesting FKKB, Sarana Pengembangan Digitalisasi UMKM

Advetorial

Bupati Nunukan Luncurkan 2 Peserta PKN II Angkatan XII/2023

Advetorial

1 Hari Lagi Nunukan Berulang Tahun, Warga Sambut Antusias

Advetorial

3.175 Siswa di Kaltara Terima Beasiswa PIP 2023

Advetorial

Jumat Curhat, Wakapolda Kaltara Serap Aspirasi Ketua RT/RW Dan Bhabinkamtibmas 

Advetorial

Wagub dan Sekprov Kaltara Ikuti Upacara HUT RI Ke-78 di Istana Negara Secara Daring