Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Selasa, 11 Juni 2024 - 00:11 WIB

Dukung Tranformasi Perpustakaan, DPK Kaltara Gelar Bimtel SPP-TIK

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan melalui teknologi informasi dan komunikasi (Bimtek SPP-TIK) yang diikuti pustakawan, pengelola perpustakaan dan dinas perpustakaan kabupaten/kota se-Kaltara pada Senin, 10 Juni 2024.

Bimtek yang dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltara, Ilham Zain ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas perpustakaan desa maupun perpustakaan daerah, serta meningkatkan kompetensi pustakawan dalam pelayanan masyarakat. Utamanya dalam menyelenggarakan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Dikatakan Ilham, lewat Bimtek ini akan meningkatkan pemahaman tentang konsep transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kemudian juga, meningkatkan pemahaman tentang strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial meliputi peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi.

“Ketiga, dengan pelatihan ini akan meningkatkan pemahaman tentang pemantauan dan evaluasi program, dan keempat, menguatkan komitmen untuk membangun literasi masyarakat desa melalui transformasi perpustakaan,” ungkapnya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu pesat, kata dia, telah membawa perubahan diberbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia perpustakaan. Di mana, sebelumnya perpustakaan identik dengan tumpukan buku dan ruangan yang sunyi, kini telah bertransformasi menjadi akses digital yang mudah dijangkau.

Ilham Zain menyampaikan, transformasi perpustkaan menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan salah satu program prioritas nasional yang dicanangkan pemerintah. Hal ini, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan layanan perpustkaan dan mendekatkan akses informasi kepada masyarakat termasuk di wilayah terpencil dan tertinggal.

“Penguatan literasi melalui program TPBIS yang diinisiasi perpustakaan nasional, diharapkan dapat berkontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan. Dengan menyediakan akses informasi, baik buku cetak maupun figital,” ungkapnya seraya melanjutkan TPBIS sudah berjalan di Kaltara sejak 2020 dengan menjangkau empat perpustakaan umum daerah dan 9 perpustakaan desa.

Jangan Lewatkan  Menuju Pilkada Nunukan (1): Basri: Saya Siap Berlayar, Kalau Terpaksa Berenang

Transformasi perpustakaan, menurutnya, membawa banyak manfaat bagi para Pemustaka. Di mana mereka dapat mengakses informasi dengan lebih mudah, cepat, dan efisien. Selain itu, perpustakaan digital juga menyediakan berbagai layanan inovatif seperti e-book, audiobook, dan virtual reality yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

“Namun, di balik manfaat yang banyak, transformasi digital juga menghadirkan tantangan bagi perpustakaan. Pustakawan dituntut untuk memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan TIK agar dapat mengelola perpustakaan digital dengan baik,” ujarnya.

Bimtek SPP TIK ini, lanjutnya, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pustakawan dan kemajuan perpustakaan.

“Program TPBIS berusaha merubah mindset masyarakat bahwa perpustakaan hanya tempat membaca dan meminjam buku, tetapi perpustakaan adalah pusat literasi masyarakat, yaitu membaca, menulis, memahami, dan mengimplementasikan dalam hidup sehari-hari. Pada perpustakaan terjadi proses menggali pengetahuan, ditransformasi menjadi sikap dan keterampilan (life skill),” tambahnya. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Dispar Kaltara Gelar Benuanta Fest 2K23, Targetkan Lomba Mancing Masuk MURI

Advetorial

Jumat Curhat, Dirbinmas Polda Kaltara Dengarkan Keluhan Masyarakat

Advetorial

Kapolri: TNI-Polri Komitmen Beri Rasa Aman ke Warga yang Mudik

Advetorial

Pemprov Upayakan Emisi Karbon melalui Skema REDD+
Warga Perbatasan Negara di Desa Ajiuning Mulai Nikmati Air Bersih PDAM

Advetorial

Air PDAM Mulai Dinikmati Masyarakat Ajikuning, Apa Kata Mereka?

Advetorial

Ratusan Anak Sunatan Massal di Tarakan

Advetorial

Pawai HUT Nunukan Ke-24 Disambut Meriah Masyarakat

Advetorial

Nunukan Berzakat, Laura Ingatkan Masyarakat Cepat Bayar Zakat