Home / Olahraga

Jumat, 24 Maret 2023 - 07:47 WIB

Ganjar Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 di Indonesia, Alasannya Kita Ikut Amanat Soekarno

Semarang (BERANDATIMUR) – Piala Dunia U-20 tak lama lagi akan digelar di Indonesia. Salah satu negara yang lolos dan segera datang di Indonesia adalan tim Israel.

Kepastian keikutsertaan tim  Israel ini menjadi pro kontra di Indonesia disebabkan banyaknya penolakan dari berbagai pihak.

Diantaranya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tegas menolak kedatangan tim sepakbola Israel untuk berlaga pada perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Dilansir berandatimur.com dari MNC Portal Indonesia pada Jumat, 24 Maret 2023, penolakan terhadap tim sepakbola Israel bermain di Indonesia dinilai Ganjar sesuai amanat Presiden Soekarno.

Di mana Bung Karno selalu menyuarakan komitmen terhadap kemerdekaan Palestina dalam event-event internasional. Seperti saat Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non-Blok, maupun Conference of the New Emerging Forces.

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakaan Non-Blok, maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat Beliau,” sebut Ganjar pada Kamis petang, 23 Maret 2023.

Sebagai kader PDI-Perjuangan, Ganjar memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. Selain itu, Ganjar juga mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina.

Ia mencermati kemunculan kelompok politik dalam Pemerintahan Israel. Di mana pemerintahan itu menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka.

“Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka,” katanya.

Ia pun mendukung sikap PDIP yang menolak kehadiran tim Israel U-20 ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Malahan, Ganjar meminta panitia bersama pihak terkait untuk mengupayakan langkah terobosan Piala Dunia berjalan tanpa Israel.

Jangan Lewatkan  Mengejutkan, Ditolak Main di Indonesia Malah Lolos Babak 8 Besar Piala Dunia U-20, Tuan Rumah Malah Tersingkir

“Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel,” katanya.

Ganjar mengakui sudah mengkomunikasikan hal ini dengan PSSI dan kementerian terkait. Harapannya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” tandasnya. (*)

Editor: M Rusman 

 

Share :

Baca Juga

FIFA Matchday: {Pemain PSM Makassar Menggila Saat Melawan Burundi

Nasional

FIFA Matchday: Pemain PSM Menggila Saat Laga Melawan Burundi

Kaltara

Atlet Menembak Nunukan Raih Medali Emas di Kejurnas di Jakarta 
Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan FIFA

Nasional

Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Pengamat Nilai Bencana Sepak Bola Indonesia

Olahraga

Wartawan Inggeris Ungkap Alasan FIFA Copot Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Olahraga

Selamat! PSM Makassar Juara
2 Pemain Asing Merapat di PSM Makassar

Olahraga

2 Pemain Asing Baru Ikut Latihan Perdana PSM Makassar, Yuran Absen
PSSI Berniat Pasang VAR di Stadion

Olahraga

PSSI Berniat Adakan VAR Pada Laga Sepakbola, kapan?
Aksi Brutal Tentara Israel Terhadap Penonton Liga Palestina

Internasional

Aksi Brutal Israel Tembaki Penonton Sepakbola Palestina, Ditunggu Sanksi FIFA