Home / Advetorial / Pemkab Nunukan / Teknologi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 00:15 WIB

Inovator Nunukan, Olah Limbah Plastik Jadi Pelampung Rumput Laut

Nunukan (BERANDATIMUR) – Satu lagi warga Kabupaten Nunukan, Kaltara yang menjadi finalis Lomba Inovator Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa dan PPDT.

Inovator ini bernama Andi Maskur yang mengolah limbah plastik menjadi pelampung rumput laut. Ciptaannya ini menjadikan dirinya sebagai wakil dari Provinsi Kaltara pada lomba TTG Nusantara tingkat nasional 2023 ini.

Andi Maskur yang beralamat di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan ini, pelampung yang dibuatnya sangat ramah lingkungan.

Di hadapan dewan juri secara zoom meeting ini, Andi Maskur menjelaskan, inovasinya sangat dibutuhkan pembudidaya rumput laut karena lebih awet, tahan dan murah.

“Pelampung kapsul ramah lingkungan tersebut dapat dipakai satu sampai dua tahun dibanding dengan botol air mineral bekas dipakai sekali panen langsung dibuang,” jelas dia.

Andi Maskur menerangkan, idenya ini berawal dari keresahannya yang melihat botol-botol mineral bekas yang semakin menumpuk menjadi sampah di pesisir pantai.

“Jadi saya bersama teman-teman yang peduli dan cinta terhadap lingkungan tergerak untuk menciptakan suatu produk yang ramah lingkungan seperti yang sudah ada pelampung kapsul,” ujar dia.

Ia menambahkan, pelampung kapsul yang tidak dipakai lagi dapat dijual kembali kepada dirinya untuk diolah kembali menjadi barang baru.

“Jadi nantinya suatu waktu pelampung kapsul tidak layak lagi digunakan oleh petani rumput laut dapat menjual kembali dengan kita agar dapat diolah semula”, ungkapnya.

Pelampung kapsul yang dibuatnya ini harganya lebih ekonomis (murah) dibandingkan botol air mineral.

Harganya Rp3.000 sampai Rp5.000 per buah tergantung ukurannya sedangkan botol air mineral seharga Rp6.000 sampai Rp7.000 per buah. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Galian Proyek CV Berkah El Shanum Ganggu Aktivitas Pembudidaya Rumput Laut

Share :

Baca Juga

Warga Perbatasan Negara di Desa Ajiuning Mulai Nikmati Air Bersih PDAM

Advetorial

Air PDAM Mulai Dinikmati Masyarakat Ajikuning, Apa Kata Mereka?

Advetorial

Pemetaan Kompetensi Diikuti 500 ASN

Advetorial

3.175 Siswa di Kaltara Terima Beasiswa PIP 2023

Advetorial

Ditsamapta Polda Kaltara Patroli Humanis Jaga Kamtibmas

Advetorial

Melihat Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Desa Setulang (2-habis)

Advetorial

KI Ingatkan Pentingnya Keterbukaan Informasi Jelang Pencoblosan

Advetorial

Laura Ajak Masyarakat Nunukan Doakan Konflik Israel-Palestina Segera Berakhir

Advetorial

Polda Kaltara Gelar Latihan Pra Ops Ketupat Kayan 2024