Home / Nasional / Pemilu

Minggu, 18 Juni 2023 - 15:59 WIB

Puan-AHY Bertemu, Mungkinkah PDIP-Demokrat Koalisi?

Jakarta (BERANDATIMUR) – Petinggi dua partai politik yakni PDIP dengan Demokrat yang sempat dipandang berseberangan sejak 2004 akhirnya terjadi. Antara Puan Maharani dengan Agus Harimurti Yudhoyono di pelataran Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023.

Pertemuan yang dikemas dengan jalan kaki terlebih dahulu dilanjutkan dengan makan bubur ayam, berlangsung selama satu jam.

Selama pertemuan santai itu, yang turut dihadiri petinggi kedua parpol ini membicarakan banyak hal.

Jumpa pers yang digelar kedua parpol ini, Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyatakan, pertemuan tersebut sangat penting demi menjaga hubungan silaturahmi antara keduanya.

Meskipun dua dekade terakhir, hubungan kedua partai nasionalis ini sempat tidak berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

AHY mengaku tidak ingin mengingat hubungan masa lalu itu, tetapi pertemuan ini tentunya membawa angin segar bagi kemajuan bangsa Indonesia ke depannya.

Ia menambahkan, PDIP dan Partai Demokrat memiliki sejarah yang sama-sama pernah berada di luar jalur pemerintahan yaitu bertindak sebagai partai oposisi.

Dimana saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat Presiden RI periode 2004-2009 dan 2009-2014, PDIP berada di luar pemerintahan.

Begitu juga Partai Demokrat memilih oposisi selama pemerintahan Joko Widodo dari PDIP pada periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, putri Megawati Sukarnoputri, Ketua Umum partai berlambang banteng moncong putih ini menceritakan pertemuannya dengan AHY.

Ia mengatakan, selama satu jam pertemuannya membicarakan perihal masa depan bangsa Indonesia dan pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Jadi kami berdua dengan mas AHY membicarakan soal bagaimana membangun bangsa yang maju dan lebib baik ke depannya. Juga membicarakan masalah pemilu 2024 yang aman dan damai,” ucap Puan yang juga Ketua DPR RI ini.

Jangan Lewatkan  Koalisi Perubahan Klaim Bacawapres Anies Mengerucut 1 Nama, Siapakah Gerangan?

Namun dia katakan, tidak ada pembicaraan perihal upaya koalisi pada Pemilu 2024. Tetapi lebih pada upaya membangun suasana kebathinan kedua partai yang lebih dekat.

Menjawab pertanyaan wartawan pada sesi tanya jawab, Puan menjelaskan tidak ada pembicaraan soal bakal calon wakil presiden (Bacawapres). Walaupun diakuinya AHY termasuk salah satu sosok yang dibidik untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal Capres PDIP.

Hanya saja, Puan menyatakan, kemungkinan ke depannya akan dilakukan lagi pertemuan antara petinggi PDIP dengan Partai Demokrat. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Nasional

MK Segera Putuskan Sistem Pemilu 2024
Anas Urbaningrum Tulis Surat di Lapas Sukamiskin Menjelang Bebas

Nasional

Jelang Bebas, Anas Urbaningrum Titip Surat ke Loyalisnya “Waktunya Pulang”

Nasional

Menteri Pertanian SYL Menghilang di Luar Negeri?

Nasional

Jadi Tersangka Korupsi, Puspom TNI Tahan Kabasarnas
HMI Siap Jemout Anas Urbaningrum Saat bebas dari Lapas Sukamiskin, Jabar

Nasional

HMI Siap Sambut Anas Urbaningrum dengan Suka Cita, Jadwal Pembebasan Berubah
PUan Maharani Temui Presiden Jokowi di Istana

Nasional

Puan Maharani Temui Jokowi di Istana Merdeka, Serba 2

Internasional

78.412 WNI Mencoblos di Sabah, Prabowo-Gibran Menang Telak

Nasional

KPK Minta Maaf ke Puspom TNI, Direktur Penyidikan Dikabarkan Mundur