Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 3 Agustus 2023 - 17:03 WIB

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp9,68 M Bangun Rusun Ponpes As’adiyah

Sebatik (BERANDATIMUR) – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana sebesar Rp9,68 miliar untuk pembangunan rumah susun Ponpes As’adiyah Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Peletakan batu pertama pembangunan rusun tersebut dilakukan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin usai mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kaltara.

Turut mendampingi, Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang bersama Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid.

Rusun berlantai tiga dibangun guna mendukung kegiatan pembinaan santri dan memberikan hunian yang layak.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rusun santri Ponpes As’adiyah dibangun dengan fasilitas lengkap dengan tempat tidur, lemari pakaian serta fasilitas pendukung lainnya.

Rusun ini berdiri di atas lahan seluas 1.125 m2 dengan dimensi bangunan 33 x 8.20 m, tipe barak/3 lantai. Terdiri atas 6 barak/32 unit kapasitas hunian 128 orang, meubiler 64 unit tempat tidur susun dan 64 unit lemari 2 pintu,” kata Iwan Suprijanto, Kamis 3 Agustus 2023.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan BP2P Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Hujurat mengatakan Rusun tersebut rencananya akan berkontrak di bulan September ini dengan estimasi pelaksanaan pekerjaan mulai dari Oktober 2023. Target penyelesaian konstruksi rusun tersebut diharapkan pada bulan Mei 2024 dengan estimasi pembiayaan fisik dan manajemen konstruksi senilai Rp9,68 Miliar.

“Kami berharap rencana pembangunan Rusun Ponpes As’adiyah Sebatik ini akan berjalan sesuai dengan estimasi dan bisa secepatnya di manfaatkan oleh santri yang ada di Ponpes As’adiyah Sebatik guna mengoptimalkan pembinaan para santri disini,” terangnya.

Pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah Sebatik, K.M Jefri Sakka mengatakan jumlah dari santri mereka yaitu 1.286 orang yang terdiri dari 646 santri putra dan 640 santri putri.

Jangan Lewatkan  Gubernur Adalah Perpanjangan Tangan Pemerintah Pusat di Daerah

“Harapan dibangunnya Rumah Susun Pondok Pesantren As’adiyah Sebatik ini agar santri-santri kami saat ini yang masih terpisah di rumah kontrakan warga sudah memiliki asrama yang layak dilokasi pondok sehingga kegiatan pembinaan santri bisa lebih maksimal,”urainya. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wagub Kaltara Atensi Kehadiran Perusahaan Kelapa Sawit

Advetorial

Sekprov Kaltara Motivasi Pegawai
Wabup Nunukan Hadiri Peringatan Nuzulul Quran

Advetorial

Wabup Nunukan Hadiri Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

Advetorial

SPN Malinau Resmi Dioperasikan, Didik Perdana 331 Siswa Bintara

Advetorial

BMKG: Perubahan Iklim Dapat Pengaruhi Inflasi

Advetorial

Pemprov Gandeng ITDC Dorong Pengembangan Investasi Pariwisata

Advetorial

Kabag Kesra: Mari Jadikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan

Advetorial

Pemkab Tana Tidung Salurkan TPP dan Bonus Lebaran