Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 3 Agustus 2023 - 16:45 WIB

Penguatan Ekonomi Syariah Diharapkan Dapat Menggali Potensi Ekonomi Kaltara

Sebatik (BERANDATIMUR).– Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin mengikuti prosesi pengukuhan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Utara di Gedung Olahraga Astrada, Kecamatan Sei Nyamuk, Kabupaten Nunukan, Kamis 3 Agustus 2023.

Kehadiran Wapres dalam acara pengukuhan KDEKS di berbagai provinsi di Indonesia merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam melaksanakan akselerasi pengembangan ekosistem syariah. Sebab, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain global syariah.

Wapres mengungkapkan pengukuhan KDEKS Kaltara ini sangat istimewa. Sebab, dilaksanakan di ujung perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keistimewaan lainnya karena Pulau Sebatik telah ditetapkan sebagai Pulau Santri. Ini tentu tidak terlepas dari tradisi keagamaan yang mengakar kuat di dalam masyarakatnya,” sebut Wapres.

Ekonomi dan Keuangan Syariah berpotensi besar sebagai sumber pertumbuhan baru yang makin memperkuat ketahanan ekonomi Kaltara.

Turut hadir mendampingi Gubernur Kaltara, H Zainal A. Paliwang, Ketua TP-PKK Kaltara, Hj Rachmawaty Zainal, Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP.

Wapres selaku Ketua Harian  Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Berdasarkan laporan yang diterima, Pemprov Kaltara telah menginisiasi program pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah melalui pelatihan sistem jaminan halal bagi UMKM dan percepatan sertifikasi halal.

“Dengan terbentuknya KDEKS di seluruh daerah di Indonesia, diharapkan dapat dilakukan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, sehingga target menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia dapat terwujud,” harap Wapres.

Mata rantai pengembangan ekosistem syariah tidak terputus di pusat atau pemerintah provinsi, tetapi bisa menjangkau masyarakat terdalam.

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang mengapresiasi kehadiran Wapres Ma’ruf Amin. Ia mengungkapkan, momentum yang berharga dimaknai oleh semua pengurus KDEKS Kaltara.

Jangan Lewatkan  Viral - Tak Sanggup Bayar Sewa Ambulans, Mayat Diangkut Bentor ke Jeneponto

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai pemicu semangat pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawa khususnya soal perekonomian Syariah di Kaltara,”kata Gubernur.

Gubernur berharap kehadiran KDEKS Kaltara, dapat bersinergi dengan pemerintah dalam penguatan ekonomi, serta mengedukasi masyarakat mengandalkan potensi kekuatan ekonomi Syariah.

“Mari ciptakan pertumbuhan ekonomi baru di Kaltara dengan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi produk-produk yang berkualitas,”tuntasnya. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Gubernur Kaltara Serahkan SK PPPK dan Kukuhkan Pejabat Fungsional

Advetorial

Pemkab Tana Tidung Salurkan TPP dan Bonus Lebaran

Advetorial

Kaltara Bakal Beri Kejutan di Pornas Korpri ke-XVI

Advetorial

Kapolda Kaltara Hadiri Serah Terima Jabatan Wakapolri

Advetorial

Bupati Nunukan Beberkan Raihan Penghargaan Selama Memimpin Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD

Advetorial

Kabag Kesra: Mari Jadikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan

Advetorial

SPN Malinau Resmi Dioperasikan, Didik Perdana 331 Siswa Bintara

Advetorial

Gubernur Kaltara Semangati Atlet Pornas Korpri di Semarang