Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Senin, 7 Agustus 2023 - 20:11 WIB

BMKG: Perubahan Iklim Dapat Pengaruhi Inflasi

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan inflasi dapat disebabkan oleh perubahan iklim seperti fenomena El Nino dan IOD+. Kedua hal ini berpengaruh besar terhadap inflasi di dunia termasuk Indonesia.

Mewaspadai perubahan iklim tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menggelar rakor dengan pemda pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pemprov Kaltara yang dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov), Suriansyah mengikuti rakor secara daring di Ruang Rapat Lantai I Kantor Gubernur Kaltara.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan perubahan iklim seperti El Nino dan IOD+ dapat mempengaruhi inflasi.

Dampak dari El Nino dan IOD+ adalah terjadinya gagal panen, minimnya ketersediaan air bersih dan risiko kebakaran hutan yang disebabkan pemanasan global.

Fenomena El Nino dan IOD+ di Indonesia terjadi pada Agustus hingga September 2023.

Kemunculan El Nino dan IOD+ saat ini lebih sering terjadi sekali dalam 2-3 tahun.

Pada rakor tersebut, Mendagri meminta Pemda melakukan langkah antisipasi sejak dini terhadap potensi dampak kekeringan tersebut.

“Ini ada cuaca ada El Nino, yang panas, dampak Elmino di beberapa negara sangat berpengaruh,” ucapnya.

Tito juga meminta setiap daerah mengecek ketersediaan beras di  gudang Bulog menyangkut produksi. Apabila dirasa tidak cukup agar segera mengambil langkah antisipasi.

Berdasarkan data evaluasi Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi pada Juni 2023 sebesar 0,21 persen (mtm), year to year (yoy) sebesar 3.08 persen. Di mana, terdapat 77 kota mengalami inflasi dan 13 kota mengalami deflasi.

Penyumbang inflasi di Pulau Kalimantan adalah Balikpapan (0,53 persen), Tarakan (0,36 persen), Samarinda (0,34 persen), Tanjung Selor (0,34 persen), dan Sampit (0,26 persen). Komoditas penyumbang inflasi dari bulan Juni ke Juli adalah daging ayam ras, cabai merah, bawang putih dan telur ayam ras.

Jangan Lewatkan  Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke-77

Sekprov Kaltara, menanggapi dengan sigap dan akan segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam penanganan inflasi dampak cuaca El Nino. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Gubernur Ajak Masyarakat Membangun Kaltara Maju dan Sejahtera

Advetorial

Bupati Nunukan-BPOM Tarakan Teken MoU

Advetorial

Arahan Kapolda Kaltara di Mako Brimob Tarakan: Pentingnya Peran Polri Jaga Kamtibmas

Advetorial

Warga Nunukan Ciptakan Mesin Pencuci Tali Rumput Laut

Advetorial

KI Ingatkan Pentingnya Keterbukaan Informasi Jelang Pencoblosan

Advetorial

Sekprov Kaltara Minta Serapan Anggaran Dipacu

Advetorial

Wujudkan Kamseltibcarlantas, Direktorat Samapta Polda Kaltara Gatur Lalin

Advetorial

DPK Kaltara Gelar Workshop Hadirkan Pegiat Literasi