Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Senin, 7 Agustus 2023 - 20:11 WIB

BMKG: Perubahan Iklim Dapat Pengaruhi Inflasi

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan inflasi dapat disebabkan oleh perubahan iklim seperti fenomena El Nino dan IOD+. Kedua hal ini berpengaruh besar terhadap inflasi di dunia termasuk Indonesia.

Mewaspadai perubahan iklim tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menggelar rakor dengan pemda pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pemprov Kaltara yang dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov), Suriansyah mengikuti rakor secara daring di Ruang Rapat Lantai I Kantor Gubernur Kaltara.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan perubahan iklim seperti El Nino dan IOD+ dapat mempengaruhi inflasi.

Dampak dari El Nino dan IOD+ adalah terjadinya gagal panen, minimnya ketersediaan air bersih dan risiko kebakaran hutan yang disebabkan pemanasan global.

Fenomena El Nino dan IOD+ di Indonesia terjadi pada Agustus hingga September 2023.

Kemunculan El Nino dan IOD+ saat ini lebih sering terjadi sekali dalam 2-3 tahun.

Pada rakor tersebut, Mendagri meminta Pemda melakukan langkah antisipasi sejak dini terhadap potensi dampak kekeringan tersebut.

“Ini ada cuaca ada El Nino, yang panas, dampak Elmino di beberapa negara sangat berpengaruh,” ucapnya.

Tito juga meminta setiap daerah mengecek ketersediaan beras di  gudang Bulog menyangkut produksi. Apabila dirasa tidak cukup agar segera mengambil langkah antisipasi.

Berdasarkan data evaluasi Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi pada Juni 2023 sebesar 0,21 persen (mtm), year to year (yoy) sebesar 3.08 persen. Di mana, terdapat 77 kota mengalami inflasi dan 13 kota mengalami deflasi.

Penyumbang inflasi di Pulau Kalimantan adalah Balikpapan (0,53 persen), Tarakan (0,36 persen), Samarinda (0,34 persen), Tanjung Selor (0,34 persen), dan Sampit (0,26 persen). Komoditas penyumbang inflasi dari bulan Juni ke Juli adalah daging ayam ras, cabai merah, bawang putih dan telur ayam ras.

Jangan Lewatkan  Pro LanteraKU Masuk 5 Besar Nominasi OAPSI

Sekprov Kaltara, menanggapi dengan sigap dan akan segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam penanganan inflasi dampak cuaca El Nino. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kaltara Target 14 Persen Angka Stunting Pada 2024

Advetorial

Pornas Korpri Ke-16, Tenis Lapangan Kaltara Sumbang Medali

Advetorial

Wagub dan Sekprov Kaltara Ikuti Upacara HUT RI Ke-78 di Istana Negara Secara Daring 
Bupati Nunukan Sampaikan Nota Pengantar LKPj Tahun Anggaran 2022

Advetorial

Laura Sampaikan Nota Pengantar LKPj TA 2022

Advetorial

Polresta Bulungan Galakkan Patroli di Wilayah Objek Vital

Advetorial

Bidhumas Polda Kaltara Laksanakan Hari Lanjut Usia Nasional 

Advetorial

Gubernur Kaltara Menerima Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia

Advetorial

TNI-Polri Bersinergi Bangun Rumah Belajar di Perbatasan