Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:44 WIB

DPK Kaltara Gelar Workshop Hadirkan Pegiat Literasi

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara menggelar workshop dengan menghadirkan puluhan penggiat dan komunitas literasi. Workshop ini dibuka Asisten Administrasi Sekdaprov Kaltara  Pollymart Sijabat di Hotel Luminor Tanjung Selor pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Selain penggiat dan komunitas literasi, peserta yang hadir dari Pengelola Perpustakaan Desa, Taman Baca Masyarakat (TBM), Kelompok Belajar, perwakilan dari Bank Indonesia dan Badan Periksa Keuangan (BPK).

Dalam sambutannya, Pollymart menyampaikan, perpustakaan memiliki peran strategis bagi masyarakat untuk belajar dalam mengenal, memahami dan menerapkan ilmu yang didapatkan.

“Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat meminjam dan membaca buku. Tetapi juga sebagai pusat kegiatan masyarakat,” kata Polymart yang disampaikan via zoom. Pegiat literasi daerah adalah motivator, inspirator dan menjadi role model masyarakat dalam aspek minat baca, maupun kegemaran membaca.

Tujuan workshop ini adalah membangun sinergi, efektifitas dan optimalisasi dalam menggalakkan literasi di daerah. Juga, dapat meningkatkan kapasitas diri para pegiat literasi, dalam melakukan pendampingan pembudayaan kegemaran membaca masyarakat.

“Saya berharap, peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan nara sumber, dan master trainer. Sehingga dapat menunjang dalam kegiatan komunitas literasi di komunitasnya masing-masing,” harap dia.

Dalam Workshop Pegiatan Literasi Dearah tahun ini, DPK Kaltara menghadirkan sejumlah narasumber, dari Perpustakaan Perpusnas RI, dari DPK Tarakan, serta master trainer nasional, dari Perpustakaan Desa Gunung Putih, Tanjung Palas, Bulungan.

Sejumlah materi disampaikan dalam workshop kali ini. Di antaranya, mengenai strategi advokasi dan lobi. Kemudian bagaimana pelibatan masyarakat, serta terkait promosi, dokumentasi dan penyusunan program. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Konsep Perumahan Modern Dibangun di Tanjung Selor

Share :

Baca Juga

Advetorial

Penurunan Bendera Merah Putih, Sekprov: NKRI Harga Mati di Perbatasan
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemuli 2024 di Kabupaten Nunukan Sebanyak 146.226 Jiwa

Advetorial

3.578 Calon Pemilih Belum ber-KTP, Disdukcapil Nunukan: Siap Lakukan Perekaman

Advetorial

Inovasi Program Dokter Terbang Masuk Finalis 15 Besar 

Advetorial

Kapolda Kaltara Saksikan Laga Final Bola Volly Kapolda Cup 2023

Advetorial

Laura Ajak Masyarakat Nunukan Doakan Konflik Israel-Palestina Segera Berakhir

Advetorial

Polda Kaltara Laksanakan Upacara Hari Bhayangkara ke-77

Advetorial

Upaya Tekan Kemiskinan, Gubernur Kaltara Apresiasi Tim SKALA

Advetorial

Lantik Pejabat Baru, Laura: Performance ASN Buruk Akan Digeser