Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 17 Agustus 2023 - 07:22 WIB

Raperda Pajak Retribusi Digenjot

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara berupaya menyelesaikan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pajak dan retribusi daerah.

Sejauh ini, sudah dilakukan sejumlah tahapan. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltara juga telah melakukan rapat kerja bersama panitia khusus (pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara.

Kepala Bapenda Kaltara, Tomy Labo mengatakan rapat kerja dengan Pansus dilakukan guna membahas lebih lanjut 2 item yakni pajak dan retribusi daerah. Rapat kerja ini dilakukan selama 2 hari dengan melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) teknis jumlahnya ada 22 OPD.

“Kita bahas per item, baik itu pada pajak maupun retribusi. Sebab di situ nanti akan lebih detail di kabarnya,” ungkapnya. Usai rapat kerja, pansus bersama Bapenda Kaltara pun melaksanakan koordinasi dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur.

“Tim dari Bapenda dan pansus lagi ke Kemenkumham di Samarinda untuk konsultasi, setelah itu mungkin lanjut ke Kemendagri,” kata dia. Selain konsultasi, studi banding ke beberapa daerah di antaranya Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan daerah lainnya. Tentunya ini dalam rangka menyamakan persepsi atau tarif pajak dan retribusi.

“Ini terus digenjot hingga akhirnya dilakukan persetujuan Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah ini secepatnya,” jelasnya. Pihaknya optimis akan merencanakan Agustus atau September sudah dilakukan paripurna. Selanjutnya nanti pembahasan Peraturan Gubernur (Pergub), tahun ini bisa kelar.

Sehingga awal Januari 2024 sudah dapat dijalankan, pasalnya jika tidak maka Bapenda tidak dapat melakukan penarikan pajak dan retribusi daerah. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Ratusan Anak Sunatan Massal di Tarakan

Share :

Baca Juga

Advetorial

O2SN SD, SLB Hingga SMA Sederajat se-Kaltara Dihelat

Advetorial

Tinjau Lokasi Banjir, Bupati Laura Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat

Advetorial

Pemprov Kaltara dan DPRD Sepakati Perubahan KUA-PPAS APBD 2023

Advetorial

Lepas Tim Sepakbola ke Pra Kualifikasi, Gubernur Kaltara Harapkan Lolos PON Aceh-Sumut

Advetorial

Jum’at Curhat: Kapolda Kaltara Terima Keluhan Masyarakat

Advetorial

Jumat Curhat, Dirbinmas Polda Kaltara Dengarkan Keluhan Masyarakat

Advetorial

Percepatan Realisasi APBD Jadi Fokus Utama 

Advetorial

Gubernur Kaltara Ajak Pemuda Berkolaborasi