Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:57 WIB

Pemprov Kaltara Gelar Bimtek Satlinmas

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Pemerintah Provinsi Kaltara menggelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Bulungan Tahun 2023.

Bertema “Wujudkan Satlinmas Siaga Bencana dan Siap Sukseskan Semilu Tahun 2024”, bimtek ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kaltara Datu Iqro pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Berlangsung selama dua hari diikuti 32 peserta dengan narasumber dari Polda Kaltara, Ipda Sayid Taha, Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami, dan Kemendagri, Marta Dwi Rifka.

Datu Iqro mengungkapkan, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat merupakan upaya melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat.

“Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) berada di kelurahan dan kantor desa yang dibentuk oleh lurah atau kepala desa untuk melindungi masyarakat,” kata Datu Iqro.

Ia berharap Satlinmas dapat membantu keamanan bersama pemangku kepentingan dalam menghadapi situasi yang terus berkembang hingga sekarang seperti gangguan kejahatan.

Selain itu, Satlinmas juga memiliki peran penting dalam menyukseskan pesta demokrasi yang akan digelar pada tahun depan secara serentak.

Suksesnya pesta demokrasi tersebut, diukur dari terjaganya  ketentraman dan ketertiban masyarakat. Kemudian, menjaga keamanan TPS barang-barang kebutuhan Pemilu serta membantu aparat penyelenggara dalam mengamankan dan menentukan pelaksanaan pemilu.

“Saya mengingatkan kepada kepala Satpol PP provinsi maupun kabupaten/kota sebagai perangkat daerah yang melakukan pembinaan agar benar-benar memperhatikan eksistensi keberadaan Satlinmas di Kalimantan Utara juga termasuk pembentukan dan pemetaan Satlinmas di tingkat desa kelurahan kecamatan kabupaten kota dan provinsi,” tuturnya.

Datu Iqro juga berharap kegiatan ini menghasilkan output yang jelas, terukur dan membumi, dalam suasana damai, tertib dan tentram. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Wagub Minta Perangkat Daerah Fokus pada 4 Hal

Share :

Baca Juga

Advetorial

Polda Kaltara Memberikan Pendidikan Lalu Lintas Kepada Pelajar SMA/SMK 

Advetorial

Ditsamapta Polda Kaltara Patroli Humanis Jaga Kamtibmas
Bangunan Disepanjang Pantai JalanLingkar Tetap Dilarang, Apapun Konsepnya

Advetorial

Bangunan Disepanjang Jalan Lingkar Tetap Dilarang, Apapun Konsepnya

Advetorial

Komitmen Bersama Wujudkan Pemilu Damai 2024

Advetorial

Dokkes Polda Kaltara Periksa Kesehatan Personil Pam TPS

Advetorial

Jelang Pemilu, Polresta Bulungan Gelar Patroli Dialogis

Advetorial

Kapolda Kaltara Saksikan Laga Final Bola Volly Kapolda Cup 2023

Advetorial

Gubernur Paliwang Beberkan Kondisi Perekonomian Kaltara yang Membaik