Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Rabu, 30 Agustus 2023 - 18:32 WIB

Gubernur Kaltara Menerima Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia

Jakarta (BERANDATIMUR) – Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang meraih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia oleh Tempo Media Group (PT. Tempo Inti Media, Tbk) kategori Percepatan Infrastruktur dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023.

Kaltara mendapat pengakuan atas pertumbuhan ekonomi yang naik dari -1,09 pada 2020 menjadi 5,34 di 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga meningkat dari 70,63 pada 2020 menjadi 71,83 di 2022. Pemprov Kaltara menargetkan percepatan infrastruktur di berbagai sektor, termasuk jalan, pelabuhan, dan bandara.

Gubernur Kaltara menyampaikan penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemprov Kaltara untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur.

Baginya, ketersediaan infrastruktur merupakan langkah awal untuk membangun perekonomian. Dengan infrastruktur yang memadai, maka mobilitas orang dan barang akan lebih muda, cepat, efisien, dan berimplikasi positif pada sektor-sektor lain.

“Penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi untuk Pemprov Kaltara terus mempercepat akselerasi pembangunan infrastruktur di Kaltara,” ungkap dia. Gubernur juga memaparkan progres pembangunan jalan Malinau-Krayan dan rencana pembiayaan 8 program pembangunan infrastruktur di Kaltara pada tahun anggaran 2024.

Bahkan, baru-baru ini memantau langsung perkembangan proyek jalan Malinau-Krayan (Long Bawan) menjelang HUT RI ke-78. Harapannya, jalan tersebut akan berfungsi sebagai akses suplai sembako, bahan material, dan bahan bakar minyak (BBM) ke Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan pada 2024.

Penghargaan ini juga diterima Pemprov DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Tapanuli Utara, Musi Rawas, dan Banjarmasin. Melihat daerah-daerah tersebut, terkenal dengan pembangunan infrastruktur terbesar di Indonesia.

“Meskipun kita tergolong Provinsi muda yaitu Provinsi ke-34, tetapi dalam hal prestasi kita tidak pernah terbelakang. Hal ini kita buktikan dengan prestasi penghargaan ini,” imbuhnya.

Jangan Lewatkan  Dinas ESDM Sosialisasikan Perizinan Tenaga Listrik

Prestasi gemilang ini tidak lepas dari kerja keras Gubernur Zainal dan Wakil Gubernur Yansen dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas utama dalam mencapai Kaltara yang berubah, maju, dan sejahtera. (dkisp)///

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sekprov Minta Perangkat Daerah Mampu Bekerja Sama BPK 

Advetorial

TNI-Polri Bersinergi Bangun Rumah Belajar di Perbatasan

Advetorial

Sekda Nunukan Buka FGD Penyampaian LKPJ Bupati TA 2023

Advetorial

WanOps Mantap Brata 2024 Tiba di Polda Kaltara

Advetorial

Kapolri Bersama Menko Polhukam Pantau Kesiapan Arus Mudik di Merak

Advetorial

Yansen TP Kukuhkan Pengurus FKUB Kaltara Masa Bakti 2023-2028

Advetorial

Kabag Kesra: Mari Jadikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan

Advetorial

Atlet Taekwondo Kaltara Sumbang Medali di Popnas Palembang