Home / Advetorial / Pemkab Nunukan

Jumat, 13 Oktober 2023 - 08:54 WIB

Akses Jalan Poros Nyaris Putus, 5 Desa di Lumbis Terancam Terisolir

Lumbis (BERANDATIMUR) – Sebuah akses jalan poros di Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kaltara nyaris terputus akibat longsor.

Akses jalan yang longsor ini menjadi satu-satunya perlintasan masyarakat dari Desa Sapuyan. Desa Liang, Desa Likos dan Desa Tubus serta Desa Lintong menuju Ibu Kota Kecamatan Lumbis.

Sebelum longsor, jalanan ini tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Nunukan. Hanya, masyarakat yang bergotongroyong memperbaikinya apabila licin dan berlubang dengan semampunya.

Akibat kondisi jalanan ini longsor dan nyaris tidak bisa dilewati, masyarakat pun mengeluh dan mengharapkan perhatian pemerintah daerah.

Salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Lumbis bernama Paulus pada Kamis, 12 Oktober 2023 mengaku, aktivitas masyarakat menjadi terhambat dan perkonomian pun terganggu.

Pasalnya, hasil perkebunan dan pertanian masyarakat tidak bisa didistribusikan untuk dijual ke ibu kota kecamatan.

Begitu juga, lanjut Paulus apabila ada masyarakat yang sakit pada lima desa tidak bisa berobat ke Puskesmas Mansalong dan RSUD Malinau.

Demikian pula terhambatnya anak-anak pada lima desa terancam tidak bersekolah di SMPN 1 Lumbis dan SMAN 1 Lumbis, sebut Paulus yang berdomisili di Desa Sepuyan ini..

Paulus mengatakan, sebelum akses jalanan ini mengalami longsor, empat kepala desa yakni Sapuyan, Liang, Tubus dan Likos dan tokoh-tokoh masyarakat pernah menghadap Pemprov Kaltara.

Harapan tokoh masyarakat dan keempat kepala desa ini agar jalanan yang menuju desanya dapat diperbaiki dan diaspal.

Namun sampai sekarang belum direalisasikan tanpa diketahui alasannya dengan harapan aktivitas masyarakat tidak terhambat.

Paulus pun menegaskan, agar Pemkab Nunukan dan Pemprov Kaltara mau memperhatikan akses jalanan menuju lima desa di Kecamatan Lumbis.

Bahkan dia menyatakan, masyarakat pada lima desa juga warga negara Indonesia (WNI) menginginkan keadilan dan pembangunan di daerahnya.

Jangan Lewatkan  Wagub Kaltara Minta ASN Bekerja Maksimal Dalam Pelayanan 

Paulus mengimbau masyarakat di wilayah itu mendukung dan tidak menghambat apabila jalanan tersebut dikerjakan.

“Siapapun kontraktor yang bekerja di jalan tersebut untuk memperbaiki dan mengaspal masyarakat tetap mendukung dan jangan menghambat. Kalau bisa kita masyarakat mendukung untuk mengawal kontraktor yang bekerja. Agar kualitas pekerjaannya maksimal dan efektif agar masyarakat dan negara tidak dirugikan,” ujar dia. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Lantik Pejabat Baru, Laura: Performance ASN Buruk Akan Digeser

Advetorial

Wagub Yansen TP Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62

Advetorial

Pemprov Kaltara Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Harga Beras

Advetorial

Pawai HUT Nunukan Ke-24 Disambut Meriah Masyarakat

Advetorial

Kabag Kesra: Mari Jadikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan

Advetorial

Komitmen Tingkatkan SDM Olahraga Pelajar

Advetorial

Nunukan Dianugerahi Reksa Bandha 2022

Advetorial

Kadivhubinter Polri Kunker di Polda Kaltara