Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Jumat, 8 September 2023 - 10:38 WIB

Sosialisasikan KKPD untuk Pengadaan Barang dan UMKM

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Pemprov Kalimantan Utara diwakili oleh Kepala Bagian Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Imam Pratikno, membuka kegiatan Sosialisasi Cash Management, EDC & QRIS BNI.

Kegiatan yang dipelopori Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Tanjung Selor dalam rangka Optimalisasi Transaksi Non Tunai dan Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKPD) ini digelar Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Gubernur Kaltara, hadir juga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Modernisasi pelaksanaan anggaran pemerintah dalam rangka mendukung program non-tunai dilakukan dengan menggunakan fasilitas kartu kredit dalam transaksi pembayaran belanja pemerintah,” ungkap Imam Pratikno

Definisi kartu kredit pemerintah (KKP) adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD.

Kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh bank penerbit KKP dan instansi pemerintah berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan secara sekaligus.

“Jadi penggunaan KKP adalah meningkatkan keamanan dalam bertransaksi mengurangi potensi bahan dari transaksi secara tunai, serta untuk mengurangi biaya dalam cost off atau idle cost dari pengguna uang persediaan,”katanya.

Penerapan KKP Domestik ini merupakan hubungan bagi pemberdayaan UMKM yang diterbitkan dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Usaha Mikro Usaha Kecil Dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Bersama Parpol, Bawaslu Nunukan Inventarisir Potensi Pelanggaran Pemilu 2024

Share :

Baca Juga

Advetorial

Patroli Dialogis Digencarkan, Cegah Gangguan Kamtibmas

Advetorial

Safari Ramadan Bupati KTT, ASN Diingatkan Bayar Zakat di Tana Tidung

Advetorial

Yansen TP Kukuhkan Pengurus FKUB Kaltara Masa Bakti 2023-2028

Advetorial

SMAN 2 Tana Tidung Wakili Kaltara Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Advetorial

Peran Penting Ulama dalam Memperkokoh Moral

Advetorial

Selamat Jalan, Wabup Nunukan Lepas Prajurit Pamtas Yonif 621/Manuntung

Advetorial

Hadiri Sidang Senat Terbuka Guru Besar STIK Lemdiklat Polri

Advetorial

Gubernur Kaltara Apresiasi Peran BMF Majukan Pertanian dan Peternakan