Home / Kaltara

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 09:24 WIB

Victor Ratu Meneteskan Air Mata, Usai Ditetapkan Sebagai Ketua SMSI Kaltara Terpilih

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Musyawarah Provinsi (Musprov) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kaltara ke-1 yang berlangsung 6-7 Oktober 2023 di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan sukses memilih ketua periode 2023-2028.

Hasil pemilihan ketua ini sekaligus menentukan kepengurusan untuk lima tahun ke depan.

Tiga kandidat yang maju bertarung memperebutkan posisi ketua SMSI Kaltara yakni Victor Ratu, Machmud Bali dan Didik Sofyan.

Sebelum memasuki agenda pemilihan yang berlangsung pada Jumat malam, 6 Oktober 2023 ini sekitar pukul 22.25 Wita ini sempat berlangsung alot.

Bahkan ada empat kandidat yang diperkirakan bertarung, namun salah satunya batal mengajukan diri tanpa alasan yang jelas.

Akhirnya tiga calon yang maju dari 46 pemilik suara dari pemilik perusahaan media online tersebar pada empat kabupaten/kota di Kaltara.

Pemilihan yang dilakukan dengan pemungutan suara ini, Victor Ratu berhasil mengalahkan dua pesaingnya dengan meraih 28 suara. Sedangkan calon Machmud Bali meraih 17 suara.

Satu suara dinyatakan tidak sah atau rusak. Sementara Didik Sofyan tidak memperoleh suara alias nol. Sehingga suara sah hanya 35 orang saja.

Terdiri dari 20 perusahaan media siber dari Kota Tarakan, 11 media online dari Kabupaten Nunukan, tiga perusahaan dari Kabupaten Malinau dan 12 media siber dari Kabupaten Bulungan. Semua yang hadir adalah pemilik perusahaan dan sebagian hanya surat mandat dukungan.

Sebenarnya, nama kandidat yang berhembus kencang di arena pemilihan sebelum memasuki tahapan pendaftaran calon adalah Victor Ratu, Didik Sofyan dan Muakbar.

Tetapi, setelah pembahasan tata tertib pemilihan dan syarat calon tiba-tiba muncul satu nama yang menjadi kambing hitam yakni Machmud Bali. Artinya kandidat ini cukup dipertimbangkan menjadi pesaing berat dari ketiga kandidat sebelumnya.

Jangan Lewatkan  Eks Napi Ini Nyaleg di PSI, Bebas 2017

Terbukti, saat penghitungan suara berhasil meraih 17 suara. Padaha, nama Machmud Bali tidak pernah disebut-sebut sebelumnya.

Diperkirakan, mundurnya Muakbar dari arena pemilihan Ketua SMSI Kaltara periode 2023-2028 karena terjadinya perubahan konstalasi kontestasi. Setelah munculnya nama kandidat baru yakni Machmud Bali.

Pasca steering commite (SC) mengumumkan tiga nama calon yang lanjut pada tahapan pemungutan suara, salah satunya meminta sidang diskorsing.

Hal ini menandakan situasi konstalasi yang cukup mengejutkan sehingga perlu deal-deal antar kandidat. Sementara pemilik perusahaan media online selaku pemilik suara terus bergerilya untuk berusaha mencari dukungan untuk menggolkan calonnya.

Calon terpilih, Victor Ratu sempat meneteskan air mata saat didaulat memberikan sepatah kata setelah ditetapkan sebagai ketua SMSI Kaltara terpilih. Karena terharu akibat dari tingginya intensitas persaingan antar kandidat saat-saat sebelum memasuki tahapan pemilihan.

“Saya sangat terharu karena acara Musprov SMSI Kaltara yang pertama dilaksanakan ini akhirnya sukses dilaksanakan. Sebelumnya sempat tertunda dan terima kasih kepada teman-teman yang telah berjuang mati-matian demi suksesnya acara ini,” ungkap Victor.

“Terima kasih teman-teman atas kerja kerasnya dan dukungannya pada Musprov pertama ini,” tambah pemilik media siber Kaltaratoday.com ini.

Keberhasilan Victor Ratu memenangkan pertarungan pemilihan Ketua SMSI Kaltara periode 2023-2028 ini, tidak terlepas dari kegigihan pendukungnya dan deal-deal yang dilakukannya sebelum pemilihan.

Usai penghitungan suara dan menentukan pemenangnya, Victor Ratu langsung membentuk formatur see sebagaimana amanat dari tatib pemilihan. Sekaligus menyusun kepengurusan untuk periode lima tahun ke depan.

Jabatan Sekretaris disepakati di tempati Didik Sofyan dan Bendahara adalah Hendro. Sedangkan struktur pengurus lainnya ditempati nama-nama dengan mengedepankan perwakilan dari kabupaten/kota.

Pengurus yang telah dibentuk, dilantik pada Sabtu, 7 Oktober 2023 oleh Sekjend SMSI Pusat M. Nasir atas nama Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus di Hotel Crown Tanjung Selor. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Kaltara

Margaret, Bidan Honorer di Daerah Terpencil Peraih Penghargaan dari Ibu Negara
Beredar Foto Diduga Pelaku Pembunuhan Karyawan PT BHP SEbuku

Kaltara

Beredar Foto Diduga Pelaku Pembunuhan Karyawan PT BHP SebukuĀ 
PKN Inginkan Nunukan Dipimpin Sosok Kompeten dan Kapabel

Kaltara

Nunukan Sebagai Beranda NKRI, PKN Tegaskan Butuh Pemimpin Kompeten dan Kapabel
Api Melalap Permukiman di Desa Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Barat pada Selasa malam (14/3). FOTO: Medsos WA

Kaltara

Api Melalap Tempat Jemuran Rumput Laut di Liang Bunyu, Sebatik

Advetorial

Dokkes Polda Kaltara Periksa Kesehatan Personil Pam TPS

Kaltara

LSM LIRA Soroti Proyek Pasar Sebengkok, Minta BPK Turun Tangan

Kaltara

Sungai Meluap, Desa Salang Tulin Onsoi Terendam Hingga 6 Meter

Kaltara

‘Bedindang Bedibuay’, Film Pendek Suku Tidung Terpilih Pada LCPI Kemendikbud RI