Home / Pemilu / Politik

Rabu, 15 November 2023 - 09:55 WIB

3 Capres-Cawapres Sudah Cabut Nomor Urut, Ini Urutannya

Screenshot - Proses pengundian nomor urut Capres-Cawapres di KPU RI, Selasa (14/11). FOTO: Screenshot di Metro TV

Screenshot - Proses pengundian nomor urut Capres-Cawapres di KPU RI, Selasa (14/11). FOTO: Screenshot di Metro TV

Nunukan (BERANDATIMUR) – Tiga pasangan bakal calon presiden (cawapres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang ditetapkan menjadi calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023. Tiba saatnya pengundian nomor urut di KPU RI.

Pada 14 November 2023 tepatnya pukul 21.45 Wita dilakukan pengundian nomor urut. Acara pengundian nomor urut ini dihadiri oleh ketua umum partai pengusung dan pendukung dari ketiga pasangan capres-cawapres tersebut. Ketiga Capres-Cawapres yang akan bertarung pada Pemilu 2024 adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto0Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian dihadiri pula Bawaslu RI, DKPP dan ratusan massa pendukung. Pantauan dari siaran langsung sejumlah televisi nasional, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari yang memimpin tahapan pengundian nomor urut Capres-Cawapres ini dengan diawali dengan pencabutan nomor antrean yang diberikan kesempatan kepada masing-masing Cawapres.

Menurut Ketua KPU RI, pencabutan nomor antrean pengundian nomor urut dilakukan berdasarkan urutan pendaftaran. Pertama kali diberikan kesempatan kepada Muhaimin Iskandar, Cawapres dari Anies Baswedan yang pertama kali mendaftar di KPU RI pada 19 Oktober 2023.

Selanjutnya kedua Mahfud MD yang diberikan kesempatan kedua dan Gibran Rakabuming Raka kesempatan ketiga sebagai pendaftar terakhir pada 25 Oktober 2023.

Setelah ketiga Cawapres mencabut nomor antrean, diketahui Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor 8, Mahfud MD nomor 10 dan Gibran mendapatkan nomor 14. Sesuai tata tertib pengundian nomor urut, angka antrean terkecil mendapatkan kesempatan pertama mencabut nomor urut. Dilanjutkan pasangan Ganjar-Mahfud yang kedua dan terakhir pasangan Prabowo-Gibran.

Pada saat diminta pasangan Anies-Muhaimin membuka hasil cabutannya ternyata mendapatkan nomor urut 1, Ganjar-Mahfud nomor urut 3 dan Prabowo-Gibran nomor urut 2.

Jangan Lewatkan  Perolehan Suara Golkar-Gerindra Bersaing Ketat di Sabah

Jadi nomor urut ketiga pasangan Capres-Cawapres adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dab Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Usai pengundian nomor urut, ketiga pasangan Capres-Cawapres ini diberikan kesempatan memberikan pidato politiknya. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Praktisi: Voice Note Bupati Nunukan Sulit Ditafsirkan tak Berkaitan Pilkada 2024

Nasional

Merasa Dikhianati, Demokrat Serukan Cabut Baliho Anies Baswedan

Kaltara

PKN Daftarkan 34 Bacaleg di KPU Kaltara, 11 Perempuan

Internasional

Ajak WNI di Sabah, Laporkan Pelanggaran Tahapan Pemilu 2024

Nasional

Kasak Kusuk Cawapres, Pengamat: Peluang Erick dan Sandi Lebih Dominan

Pemilu

Bersama Parpol, Bawaslu Nunukan Inventarisir Potensi Pelanggaran Pemilu 2024

Kaltara

Wartawan Ini Terjun di Dunia Politik, Bismillah Maju Nyaleg Untuk Menjawab Pandangan Sinis

Daerah

Tak Laporkan LHKPN ke KPK, KPU: Caleg Terpilih tak Dilantik