Home / Daerah / Pilkada

Kamis, 2 Mei 2024 - 22:05 WIB

Demokrat Prioritaskan Usung Kader di Pilkada Nunukan

Nunukan (BERANDATIMUR) – Tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang dihelat pada Nopember 2024 telah dimulai pada Mei 2024 ini. Geliat figur yang ingin bertarung pada pilkada Bupati-Wakil Bupati Nunukan mulai mendaftarkan diri melalui penjaringan yang dibuka oleh sejumlah partai politik (parpol).

Salah satu parpol yang membuka penjaringan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan adalah Partai Demokrat. Sekadar diketahui, partai berlambang mercy ini meraih empat kursi di DPRD Nunukan pada Pemilu 2024.

Menurut Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nunukan, Andi Mariyati kepada awak media ini menjelaskan, sesuai hasil penjaringan kandidat sebanyak lima figur yang mendaftarkan diri diantaranya H Andi Akbar (suami Bupati Nunukan sekarang) , H Basri (mantan Bupati Nunukan periode 2011-2016).

Dari lima kandidat yang mengambil formulir hanya satu kader Partai Demokrat yakni Marli Kamis (anggota DPRD Kaltara periode 2019-2024 dari Partai Demokrat), sebut Andi Mariyati saat ditemui di sela-sela rapat pleno terbuka penetapan caleg terpilih hasil Pemilu 2024 oleh KPU Nunukan pada Kamis sore, 2 Mei 2024.

Apa syarat utama bakal calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan yang akan diusung Partai Demokrat? Andi Mariyati menyatakan memprioritaskan kader sendiri. Namun, sebelum menentukan kandidat yang akan diajukan ke DPP Partai Demokrat untuk direkomendasikan terlebih dilakukan survei internal.

“Kita prioritaskan kader sendiri tapi terlebih dahulu dilakukan survei,” ujar dia. Survei internal rencananya akan diselenggarakan pada pekan depan untuk menentukan bakal calon Bupati Nunukan yang akan diajukan ke DPP (Partai Demokrat).

Bagaimana peluang kandidat lain di luar kader apabila Marli Kamis tidak memenuhi kriteria berdasarkan hasil survei? Apakah memprioritaskan mengajukan ke DPP bagi dua mantan kader Partai Demokrat yakni H Basri maupun H Irwan Sabri, selaku mantan kader Partai Demokrat untuk diusung?

Jangan Lewatkan  Tingkah Lucu Jemaah Haji Ini Minta Turun Dari Pesawat Karena Ingat Ayamnya di Rumah

Ketua DPC Partai Demokrat Nunukan ini mengatakan, tetap akan mengacu pada hasil survei nantinya. Mengenai peluang kandidat calon Bupati Nunukan H Basri sendiri, karena istrinya pernah menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nunukan.

Andi Mariyati hanya menjawab bahwa H Basri tetap menjadi kerabat selaku mantan kader partai ini. “Pak Basri tetap kerabat kami di Partai Demokrat. Memang pernah menjadi kader (sewaktu menjabat Bupati Nunukan). Tapi penentuan kandidat yang akan diusung tetap mengacu pada hasil survei nanti,” ucap dia.

Mengenai Marli Kamis sendiri, dia menyatakan, belum mengetahui secara pasti apakah mendaftar sebagai bakal calon Bupati atau Wakil Bupati. “Kalau pak Marli (Kamis) belum tau apakah calon bupati atau calon wakil bupati,” kata dia. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Potret Buram Nunukan (6): Perihal Kemelut di RT 26, Bupati Hanya Bilang Begini
Kwarda Pramuka Sulbar Gelar Lomba Tingkat IV

Daerah

Kwarda Pramuka Sulbar Gelar Lomba Tingkat IV

Daerah

Truk Tertimbun Limbah Nikel di Morowali, 2 Warga Sulsel Dilaporkan Tewas

Daerah

Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Daerah

Oknum BPD Ajikuning Berstatus Wartawan Hina Profesi Wartawan, SMSI Berang
Korban Tewas di RUmah Kos

Daerah

“Gadis” Cantik Ditemukan Tewas di Rumah Kos

Daerah

Potret Buram Nunukan (9): Lurah Nunukan Barat tak Indahkan Arahan Bupati dan Camat

Daerah

Kasihan, Santri Ini Dianiaya Pengasuhnya di Polman Hingga Luka-Luka