Home / Advetorial / Pemkab Nunukan

Jumat, 31 Maret 2023 - 08:26 WIB

Menteri KP “Membudidaya” Rumput Laut di Mamolo, Nunukan 

Sakti Wahyu Trenggono : Mamolo, Nunukan harus menjadi modelling industri hulu hilir

Nunukan (BERANDATIMUR) – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) mengunjungi Kawasan Budidaya Rumput Laut Kampung Mamolo, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Kunjungan tersebut pada Kamis, 30 Maret 2023 didampingi oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP dan Bupati Nunukan Asmim Laura Hafid.

Selain itu tampak hadir, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah, Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Muhammad Akbar, Anggota DPR RI Dapil Kaltara Deddy Sitorus dan Forkompinda serta pimpinan OPD dan pejabat lainnya.

Setibanya di Kampung Budidaya Rumput Laut Mamolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerima penjelasan dari Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan Suhadi. Selanjutnya mengikuti proses pasca panen, meninjau lapangan di area mabettang dan penjemuran rumput laut.

Sakti Wahyu Trenggono mengatakan kunjungannya di Kabupaten Nunukan dalam rangka kegiatan ekonomi disektor kelautan dan perikanan khususnya budidaya rumput laut.

Menteri KP ini menambahkan, Indonesia adalah penghasil rumput laut terbesar namun hanya bisa memproduksi atau belum mampu membuat nilai tambah yang lebih tinggi.

“Indonesia dikenal penghasil rumput laut terbesar tapi hanya bisa memproduksi dan belum bisa memberikan nilai tambah. Indonesia hanya menjual dalam bentuk raw material (bahan baku),” ucap Sakti.

“Ini adalah salah satu kampung yang telah menjadi kampung budidaya rumput laut yang harus menjadi satu modelling industri hulu hilir. Mulai dari pembibitan kemudian panen kering dan kemudian disiapkan industri,” ungkap Menteri KP ini.

Ia mengharapkan, nantinya bukan lagi memproduksi raw material tetapi sudah mempunyai nilai tambah yang tinggi.

Sakti pun meminta agar budidaya rumput laut yang telah membuka lapangan kerja yang cukup besar ini dapat dijalankan hilirisasinya agar perekonomian di Kabupaten Nunukan semakin meningkat.

Jangan Lewatkan  Kaltara Bakal Beri Kejutan di Pornas Korpri ke-XVI

Atau industrinya dikembangkan secara otomatis produktifitas dipastikan akan meningkat sehingga hasilnya juga akan naik.

Kunjungan Menteri KP di kawasan budidaya rumput laut ini menyerahkan bantuan pengembangan perikanan berupa 10 paket kebun bibit rumput laut senilai Rp280 juta. (Prokopim Nunukan)

Editor: M Rusman

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sibangku Tarawangan Raih Peringkat 3 PKN Tingkat II Angkatan II

Advetorial

Laura Ikuti Upacara HUT TNI Ke-78 di Kodim 0911/Nunukan

Advetorial

Smash Of Card! Warnai Pembukaan Kerjurnas IV Domino Indonesia 2023 di Kaltara

Advetorial

“Pro Lentera Ku” Masuk 15 Besar Kelompok Khusus KIPP 2023

Advetorial

Kaltara Target 14 Persen Angka Stunting Pada 2024

Advetorial

Polda Kaltara Nobar “Jogja Asyik, Jogja Bermusik Untuk Indonesia Apik”

Advetorial

Polres Malinau Lakukan “Police Goes to School”

Advetorial

Jajaran Polda Kaltara Tandatangani Pakta Integritas DIPA TA 2024