Home / Advetorial / Pemkab Nunukan

Jumat, 31 Maret 2023 - 08:26 WIB

Menteri KP “Membudidaya” Rumput Laut di Mamolo, Nunukan 

Sakti Wahyu Trenggono : Mamolo, Nunukan harus menjadi modelling industri hulu hilir

Nunukan (BERANDATIMUR) – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) mengunjungi Kawasan Budidaya Rumput Laut Kampung Mamolo, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Kunjungan tersebut pada Kamis, 30 Maret 2023 didampingi oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP dan Bupati Nunukan Asmim Laura Hafid.

Selain itu tampak hadir, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah, Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Muhammad Akbar, Anggota DPR RI Dapil Kaltara Deddy Sitorus dan Forkompinda serta pimpinan OPD dan pejabat lainnya.

Setibanya di Kampung Budidaya Rumput Laut Mamolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerima penjelasan dari Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan Suhadi. Selanjutnya mengikuti proses pasca panen, meninjau lapangan di area mabettang dan penjemuran rumput laut.

Sakti Wahyu Trenggono mengatakan kunjungannya di Kabupaten Nunukan dalam rangka kegiatan ekonomi disektor kelautan dan perikanan khususnya budidaya rumput laut.

Menteri KP ini menambahkan, Indonesia adalah penghasil rumput laut terbesar namun hanya bisa memproduksi atau belum mampu membuat nilai tambah yang lebih tinggi.

“Indonesia dikenal penghasil rumput laut terbesar tapi hanya bisa memproduksi dan belum bisa memberikan nilai tambah. Indonesia hanya menjual dalam bentuk raw material (bahan baku),” ucap Sakti.

“Ini adalah salah satu kampung yang telah menjadi kampung budidaya rumput laut yang harus menjadi satu modelling industri hulu hilir. Mulai dari pembibitan kemudian panen kering dan kemudian disiapkan industri,” ungkap Menteri KP ini.

Ia mengharapkan, nantinya bukan lagi memproduksi raw material tetapi sudah mempunyai nilai tambah yang tinggi.

Sakti pun meminta agar budidaya rumput laut yang telah membuka lapangan kerja yang cukup besar ini dapat dijalankan hilirisasinya agar perekonomian di Kabupaten Nunukan semakin meningkat.

Jangan Lewatkan  Pemerintah Pusat Kucurkan Rp9,68 M Bangun Rusun Ponpes As’adiyah

Atau industrinya dikembangkan secara otomatis produktifitas dipastikan akan meningkat sehingga hasilnya juga akan naik.

Kunjungan Menteri KP di kawasan budidaya rumput laut ini menyerahkan bantuan pengembangan perikanan berupa 10 paket kebun bibit rumput laut senilai Rp280 juta. (Prokopim Nunukan)

Editor: M Rusman

Share :

Baca Juga

Advetorial

Komitmen Bersama Wujudkan Pemilu Damai 2024

Advetorial

Pemprov Kaltara Sosialisasikan Pemanfaatan e-Katalog Lokal

Advetorial

TP PKK Kabupaten Nunukan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Advetorial

Boxing Day, Pertandingan Tinju Amatir Digelar di Nunukan

Advetorial

Gubernur Kaltara Hadiri Acara Tahunan ASCN di Bali

Advetorial

Program Beasiswa Kaltara Unggul Dibuka untuk 7.000 Penerima

Advetorial

Bupati Laura Harap Kader HMI Berkontribusi Memajukan Nunukan

Advetorial

Lantik Pejabat Baru, Laura: Performance ASN Buruk Akan Digeser