Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Senin, 19 Juni 2023 - 23:51 WIB

Gubernur Pastikan Layanan SOA Tetap Berjalan

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A Paliwang memastikan layanan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Barang terus berjalan. Dalam rangka menekan disparitas atau kesenjangan harga di wilayah perbatasan dan pedalaman.

Selain itu, ada juga layanan SOA penumpang yang bertujuan memudahkan aksesibilitas warga perbatasan di tengah kondisi akses darat yang belum cukup baik.

“Program ini tetap berjalan, berdasarkan laporan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kaltara, program ini sedang berproses. Saya minta, supaya ini segera diprioritaskan agar bisa direalisasikan,”kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah/UKM (Disperindagkop) Provinsi Kaltara, Hasriyani menyampaikan saat ini sedang menunggu Surat Keputusan Gubernur Kaltara untuk Subsidi Ongkos Angkut (SOA).

Kepala Disperindagkop-UKM Kaltara, Hasriyani mengungkapkan saat ini progress SOA penumpang dan barang tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltara.

“Untuk total anggarannya, sama seperti tahun sebelumnya, yakni Rp15 miliar. Rinciannya, Rp8 miliar untuk SOA Barang dan Rp7 miliar untuk SOA penumpang,” sebutnya.

Disperindagkop-UKM juga tengah mengidentifikasi sejumlah agenda besar agar suplai barang ke wilayah perbatasan dan pedalaman benar-benar sesuai rencana.

“Ini melihat berdasarkan tahun sebelumnya untuk flight penumpang barang ada pada musim liburan pulang kampung ke lokasi yang menerima SOA,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, SOA barang di Kaltara untuk Kabupaten Malinau meliputi, Pujungan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Long Apung dan Apau Kayan. Sedangkan Kabupaten Nunukan meliputi Krayan, Lumbis, Sei Menggaris.

Ia menambahkan, SOA barang ini bertujuan untuk menekan disparitas harga yang diawasi oleh Disperindagkop-UKM terkait harga jual.

“Kami juga selalu melakukan evaluasi mencari dimana yang tepat sasaran bagi masyarakat,” jelasnya.

Jangan Lewatkan  Pemprov Kaltara dan DPRD Sepakati Perubahan KUA-PPAS APBD 2023

Untuk penentuan lokasi, kata Hasriyani berdasarkan usulan dari kabupaten penerima SOA termasuk lokasi distribusinya. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Pemprov Kaltara Susun Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Advetorial

Wagub Kaltara Minta Perusahaan Terlibat Penanganan Stunting

Advetorial

Tahun Ini, Kaltara Terima 108 PPPK Guru dan Nakes

Advetorial

Jelang Idul Adha, Gubernur Jamin Harga Bahan Pokok Stabil

Advetorial

Pemprov Kaltara Hadiri Seminar OJK di Jakarta

Advetorial

ASN Pemprov Kaltara akan Ikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi 

Advetorial

Temukan Uang Pemudik, Aiptu Supriyanto Diganjar Sekolah Perwira

Advetorial

Gubernur Kaltara Semangati Atlet Pornas Korpri di Semarang