Home / Pemilu / Politik

Rabu, 12 Juli 2023 - 08:03 WIB

Baru Berusia 21 Tahun, Bacaleg PKN Ini Punya Komitmen Kuat Memajukan SDM Generasi Muda

Mirna, bacaleg PKN di daerah pemilihan 2 Kecamatan Nunukan Selatan

Mirna, bacaleg PKN di daerah pemilihan 2 Kecamatan Nunukan Selatan

Nunukan (BERANDATIMUR) – Seorang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) masih berusia 21 tahun. Mungkin inilah bacaleg termuda di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Dia masih cukup belia bernama Mirna, lahir pada 2002. Walaupun usianya masih muda dan baru pertama kali terjun di dunia politik tetapi bukanlah penghalang baginya.

Intinya, semangat untuk membangun diri dan lingkungannya sudah menjadi tekadnya. Khususnya bagaimana membangun generasi muda yang berkualitas. Inilah yang menjadi cita-cita hidupnya selama ini yang belum bisa diwujudkan.

Oleh karena itu, Mirna memberanikan diri masuk di dunia politik agar cita-cita dan komitmen hidupnya dapat direalisasikan. Sebagaimana diketahui, partai politik adalah pintu masuk untuk membangun publik.

Kenapa mencalonkan diri melalui PKN yang bernomor urut “9”? Mirna menyatakan, selama ini belum menemukan partai politik yang berkeinginan mengakomodir dirinya yang masih berusia muda dan punya status sosial yang rendah.

Komitmen PKN yang punya misi mengakomodir semua kalangan dari status sosial manapun, menjadi daya tarik bagi Mirna untuk terjun di dunia politik.

Hal ini tidak terlepas dari keinginannya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni khususnya bagi generasi muda yang putus sekolah atau tidak mampu melanjutkan pendidikannya. Caranya membangun SDM ini melalui pendidikan formal maupun non formal yang layak dan berkualitas.

Mirna maju di daerah pemilihan (dapil) 2 Kecamatan Nunukan Selatan yang meliputi Kelurahan Selisun, Kelurahan Nunukan Selatan, Kelurahan Mansapa dan Tanjung Harapan.

Selama ini, sambung dia, banyak mengamati sulitnya mendapatkan pekerjaan formal bagi generasi muda atau kelompok milenial di Kabupaten Nunukan. Akhirnya, bekerja sebagai buruh kasar di sektor budidaya rumput laut.

Berbagai kondisi status sosial yang diamati selama ini, membuat Mirna mencoba terjun ke dunia politik dengan langsung mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Nunukan. Pilihannya jatuh pada partai politik bernomor urut “9” besutan Anas Urbaningrum.

Jangan Lewatkan  Segera Bebas, Anas Urbaningrum Bakal Dijemput Para Loyalis dari Lapas Sukamiskin 

Mirna menilai partai PKN sangat fleksibel dalam merekrut kader tanpa membedakan status sosial. Malahan, partai ini dianggap lebih mengutamakan kader dari kalangan masyarakat dengan status sosial menengah ke bawah. Artinya, PKN benar-benar mau membangun kelompok masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Saya lihat partai PKN ini punya misi yang jelas dalam membangun SDM generasi muda makanya saya masuk di partai ini. Saya bersyukur sekali dan berterima kasih karena PKN mau terima saya menjadi calegnya dan mengutamakan anak-anak muda,” ujar dia. (Redaksi) 

Share :

Baca Juga

Nasional

MK Segera Putuskan Sistem Pemilu 2024
Anggota DPR RI Incar Kursi Panas Gubernur Kaltara Pilkada 2024

Daerah

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemuli 2024 di Kabupaten Nunukan Sebanyak 146.226 Jiwa

Pemilu

Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024 di Nunukan Berjumlah 146.226 Jiwa

Kaltara

Wartawan Ini Terjun di Dunia Politik, Bismillah Maju Nyaleg Untuk Menjawab Pandangan Sinis

Pemilu

Sosialisasi Kampanye dan Bimtek Sikadeka, KPU Nunukan: Perhatikan Aspek Administrasi
Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres

Pemilu

3 Capres-Cawapres Sudah Cabut Nomor Urut, Ini Urutannya

Pemilu

Ditemui Prabowo di Kediamannya, Wiranto: Bahas Kebaikan Negeri Ini

Nasional

Anas Urbaningrum Terpilih Aklamasi Jadi Ketum PKN yang Baru