Home / Pemilu / Politik

Rabu, 12 Juli 2023 - 08:03 WIB

Baru Berusia 21 Tahun, Bacaleg PKN Ini Punya Komitmen Kuat Memajukan SDM Generasi Muda

Mirna, bacaleg PKN di daerah pemilihan 2 Kecamatan Nunukan Selatan

Mirna, bacaleg PKN di daerah pemilihan 2 Kecamatan Nunukan Selatan

Nunukan (BERANDATIMUR) – Seorang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) masih berusia 21 tahun. Mungkin inilah bacaleg termuda di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Dia masih cukup belia bernama Mirna, lahir pada 2002. Walaupun usianya masih muda dan baru pertama kali terjun di dunia politik tetapi bukanlah penghalang baginya.

Intinya, semangat untuk membangun diri dan lingkungannya sudah menjadi tekadnya. Khususnya bagaimana membangun generasi muda yang berkualitas. Inilah yang menjadi cita-cita hidupnya selama ini yang belum bisa diwujudkan.

Oleh karena itu, Mirna memberanikan diri masuk di dunia politik agar cita-cita dan komitmen hidupnya dapat direalisasikan. Sebagaimana diketahui, partai politik adalah pintu masuk untuk membangun publik.

Kenapa mencalonkan diri melalui PKN yang bernomor urut “9”? Mirna menyatakan, selama ini belum menemukan partai politik yang berkeinginan mengakomodir dirinya yang masih berusia muda dan punya status sosial yang rendah.

Komitmen PKN yang punya misi mengakomodir semua kalangan dari status sosial manapun, menjadi daya tarik bagi Mirna untuk terjun di dunia politik.

Hal ini tidak terlepas dari keinginannya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni khususnya bagi generasi muda yang putus sekolah atau tidak mampu melanjutkan pendidikannya. Caranya membangun SDM ini melalui pendidikan formal maupun non formal yang layak dan berkualitas.

Mirna maju di daerah pemilihan (dapil) 2 Kecamatan Nunukan Selatan yang meliputi Kelurahan Selisun, Kelurahan Nunukan Selatan, Kelurahan Mansapa dan Tanjung Harapan.

Selama ini, sambung dia, banyak mengamati sulitnya mendapatkan pekerjaan formal bagi generasi muda atau kelompok milenial di Kabupaten Nunukan. Akhirnya, bekerja sebagai buruh kasar di sektor budidaya rumput laut.

Berbagai kondisi status sosial yang diamati selama ini, membuat Mirna mencoba terjun ke dunia politik dengan langsung mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Nunukan. Pilihannya jatuh pada partai politik bernomor urut “9” besutan Anas Urbaningrum.

Jangan Lewatkan  Bupati Nunukan Beberkan Raihan Penghargaan Selama Memimpin Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD

Mirna menilai partai PKN sangat fleksibel dalam merekrut kader tanpa membedakan status sosial. Malahan, partai ini dianggap lebih mengutamakan kader dari kalangan masyarakat dengan status sosial menengah ke bawah. Artinya, PKN benar-benar mau membangun kelompok masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Saya lihat partai PKN ini punya misi yang jelas dalam membangun SDM generasi muda makanya saya masuk di partai ini. Saya bersyukur sekali dan berterima kasih karena PKN mau terima saya menjadi calegnya dan mengutamakan anak-anak muda,” ujar dia. (Redaksi) 

Share :

Baca Juga

Internasional

Panwaslu LN Kota Kinabalu Optimis Kantong WNI di Perkebunan Gunakan Hak Suara

Nasional

Nasdem dan Demokrat Bakal Merapat ke Koalisi PDIP, Denny: Bidak yang Dikorbankan

Pilkada

Menuju Pilkada Nunukan (2): Basri Siap Perjuangkan Kenaikan Insentif Honorer

Pemilu

3 Nama Ini Menguat Jadi Cawapres Anies

Daerah

Deklarasi Relawan (Milenial) GAS di Nunukan, Andi Sulaeman: Terus Bergerak ke Masyarakat

Nasional

MK Segera Putuskan Sistem Pemilu 2024

Pemilu

Penghitungan Suara di Kecamatan Nunukan Diwarnai Mati Lampu

Daerah

KPU Nunukan Segera Terima Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024