Home / Kaltara

Selasa, 8 Agustus 2023 - 20:22 WIB

LSM Panjiku: Kemlu RI Diminta Koordinasi Malaysia Bentuk Konsulat di Kaltara

Nunukan (BERANDATIMUR) – Mengatasnamakan masyarakat perbatasan RI-Malaysia, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menginginkan adanya kantor perwakilan Malaysia di provinsi tersebut.

Hal ini diharapkan, agar segala bentuk pengurusan berkaitan dengan warga negara Malaysia lebih dekat dan cepat, kata Ketua LSM Panjiku Mansur melalui sambungan telepon, Selasa, 8 Agustus 2023.

Mansur menilai, keberadaan kantor perwakilan atau konsulat Malaysia di Kaltara sangat penting dan mendesak. Sehubungan semakin padatnya perlintasan warga negara asing di Kabupaten Nunukan.

Ketua LSM Panjiku ini menyatakan, selama ini imigrasi Nunukan mengalami banyak kendala dalam pengurusan warga negara Malaysia, karena kantor perwakilannya sangat jauh di Pontianak, Kalbar.

Oleh karena itu, demi menyingkat waktu dan birokrasi lebih baik ada kantor perwakilan Malaysia di wilayah Kaltara.

Ia pun menyarankan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI agar berkoordinasi dengan Kemlu Malaysia agar membentuk kantor perwakilannya di Kaltara.

Selain itu, keberadaan kantor perwakilan Malaysia di Kaltara akan mempermudah koordinasi perihal pengurusan pekerja migran Indonesia (PMI) di Sabah.

Sebagaimana kita ketahui, Kabupaten Nunukan berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Pengurusan dokumen keimigrasian PMI yang baru mau bekerja di Sabah ataupun yang sudah lama di negeri jiran iti akan lebih mudah.

Menanggapi hal ini, mantan Diplomat RI di Konsulat RI Tawau, Sabah, Johan Mulyadi mengatakan, bisa saja pemerintah Indonesia yang meminta kepada Pemerintah Malaysia agar membentuk kantor perwakilan di Kaltara.

Jadi, lanjut dia, tidak harus inisiatif Pemerintah Malaysia untuk kantor perwakilannya di Kaltara karena keberadaannya sangat mendesak dan pentinh bagi Indonesia.

“Bisa sebab resiprokal atau timbal balik,” ujar Johan menjawab masalah siapa punya kewenangan perihal pembentukan kantor perwakilan Malaysia di Kaltara.

Jangan Lewatkan  Minyak Goreng dan Gula Pasir Malaysia "Dilarang" Diperdagangkan di Nunukan

Artinya, pembentukan kantor perwakilan Malaysia di Kaltara bisa melalui permintaan Pemerintah Indonesia ataupun inisiatif Pemerintah Malaysia dengan berbagai pertimbangan kepentingan diplomasi kedua negara. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Wakapolda Kaltara Hadiri Peresmian RS Abdul Rais Fatah Korem 092/Mrl

Advetorial

Polda Kaltara Cegah Radikalisme dan Terorisme

Kaltara

BBM Solar Subsidi di Sebuku Dijual Rp11.000/Liter, Mengaku Rekomendasinya di TTD Bupati Nunukan
Mau Melarikan Diri, Pelaku pemubunuhan Karyawan PT BHP Mengaku Sakit Hati

Kaltara

Mau Melarikan Diri, Pelaku Pembunuhan Karyawan PT BHP Akui Sakit Hati

Kaltara

Ingkong Ala Daftar Bakal Cawagub Kaltara di PDIP

Kaltara

Video – Sudah 10 Tahun, Transmigran Asal Jateng di Nunukan Mengeluh Belum Dapat Hak-Haknya

Kaltara

Berkas Bacaleg Lengkap, Rusman: PKN Adalah Partai Pergerakan

Kaltara

Masyarakat Adat Tolak Anies Baswedan Datang ke Kaltara