Home / Daerah

Jumat, 26 Januari 2024 - 21:03 WIB

Rokok Arrow Berpita Cukai tak Sah Lolos Beredar di Nunukan, Ini Alasan Ditpolairud

Nunukan (BERANDATIMUR) – Penangkapan 268 ball rokok arrow menimbulkan tanda tanya besar, karena jauh hari sebelumnya sudah banyak beredar di Kabupaten Nunukan dan sekitarnya.

Pertanyaan adalah kenapa sebelumnya rokok arrow dengan pita cukai yang sama dengan yang ditangkap lolos beredar di Kabupaten Nunukan?  Kenapa baru dilakukan penangkapan, sementara jalur pengangkutannya kemungkinan sama dengan rokok yang ditangkap tersebut.

Direktur Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kaltara, Kombes Pol B Wiriawan beralasan, rokok arrow yang sama dengan kasus yang ditangkap tidak dilakukan penangkapan dikarenakan tidak mendapatkan informasi dari Mabes Polri. Meskipun, ada kapal patroli milik Polairud KP Pelikan-5008 beroperasi di perairan Kaltara.

“Kita tidak tahu ada kapal yang mengangkut rokok arrow yang berpita cukai sama dengan rokok yang ditangkap karena tidak mendapatkan informasi. Kalau kali ini ditangkap karena ada informasi dari Mabes Polri ke kita,” ucap B Wiriawan kepada awak media di Kantor Bea Cukai Nunukan pada Jumat, 26 Januari 2024.

Ia mengaku, intens melakukan patroli menggunakan KP Pelikan-5008 selama ini di perairan Kaltara namun tidak pernah menemukan kapal yang mengangkut rokok yang berpita cukai tidak sah atau tidak sesuai dengan isinya.

Wiriawan menambahkan, rokok arrow yang diamankan pada Rabu (24/1) itu di dalam kontainer yang diangkut oleh kapal cargo MW Verizon setelah berada di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan. Artinya, lolos dari pantauan kapal patroli Polairud Polda Kaltara selama pelayaran dari Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

– Bea Cukai Nunukan Janji Tingkatkan Pengawasan Peredarannya di Nunukan

Secara terpisah, Kepala Seksi Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan Kantor Bea Cukai Nunukan, Arif Novrianto berjanji akan memperketat pengawasan peredaran rokok arrow yang menggunakan pita cukai tak sesuai dengan peruntukannya di pasaran.

Jangan Lewatkan  FLASH8 - 2 Mobil Sitaan Asal Malaysia Siap Dimusnahkan

Hal ini berkaitan dengan informasi banyaknya rokok arrow yang sama dengan hasil tangkapan Ditpolairud Polda Kaltara yang sudah beredar luas di Kabupaten Nunukan. “Ke depannya kita (Bea Cukai Nunukan) akan meningkatkan pengawasan di pasaran terkait dengan peredaran rokok arrow atau rokok lainnya yang ditempeli pita cukai tak sesuai dengan isinya,” beber Arif kepada awak media di kantornya pada Jumat, 26 Januari 2024.

Peredaran rokok arrow yang memiliki pita cukai tak sesuai isinya, sudah lama berlangsung di Kabupoaten Nunukan. Namun baru ditangkap, dilakukan oleh aparat kepolisian Ditpolairud Polda Kaltara setelah mendapatkan informasi atau perintah dari Mabes Polri. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

BBM Langka, Gas Elpiji Juga Menghilang di Nunukan

Daerah

Brakkkk…Kecelakaan Tunggal di Simpang Kadir Selisun, Pria Tewas di Tempat

Daerah

BPBD Nunukan Akui Keliru, Hasil Kajian Penyebab Banjir di Wilayah Krayan
Anggota DPR RI Incar Kursi Panas Gubernur Kaltara Pilkada 2024

Daerah

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?

Daerah

Waspada! Banjir Mulai Merendam Perkampungan di Bantaran Sungai Sembakung, Nunukan

Daerah

SMSI Hadir di Perbatasan, Anto Leo Terpilih Jadi Ketua

Daerah

Polairud Polda Kaltara Tangkap 268 Ball Rokok Arrow di Nunukan

Daerah

Sebelum Kejadian, Paisal Suka Melamun Diayunan dan Bersihkan Mobil