Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Selasa, 8 Agustus 2023 - 17:22 WIB

Pemprov Gandeng ITDC Dorong Pengembangan Investasi Pariwisata

Tarakan (BERANDATIMUR) – Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Investasi Bidang Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) 2023 resmi digelar. Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Bustan memimpin rakor di Hotel Paradise Kota Tarakan, Selasa, 8 Agustus 2023.

Bustan menyampaikan, pembangunan berbagai proyek strategis nasional (PSN) seperti Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI), pembangunan PLTA Mentarang Induk di Malinau, dan  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) turut berdampak pada manufaktur dan insfrastruktur.

Tidak hanya itu, pembangunan-pembangunan tersebut turut menyebabkan banyaknya pekerja ataupun pendatang di Kaltara.

Kondisi ini tentu merupakan potensi yang harus dapat dimanfaatkan, khususnya pada pengembangan sektor pariwisata. Investasi besar sangat dibutuhkan untuk membangun industri pariwisata.

“Banyak hal dalam sektor industri pariwisata yang perlu kita kembangkan dan perlu kita bangun di Kaltara. Hal ini untuk melayani berbagai kebutuhan seperti hotel, restoran ataupun wahana wisata lainnya sebagai hiburan masyarakat maupun para pendatang yang akan berkunjung,” kata Bustan.

Namun demikian, kata Bustan, bila hanya mengandalkan sumber dana dari APBD saja, tentu tidak mencukupi untuk mendukung pembangunan kawasan industri pariwisata tersebut. Maka dari itu, perlu membuka lebar investasi industri pariwisata.

Salah satu upaya Pemprov Kaltara adalah menawarkan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), agar berinvestasi di Kaltara.

ITDC, lanjut Bustan, merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki portofolio besar dalam bidang pariwisata di Indonesia, yang telah ditugaskan oleh pemerintah untuk membangun Mandalika, Labuan Bajo, Bali Nusa Dua dan masih banyak lagi.

Kerja sama dengan ITDC ini, diharapkan bisa meningkatkan industri pariwisata di Kaltara dengan sumber daya alam yang melimpah.

Selain itu, pariwisata juga mendorong diversifikasi ekonomi, mengurangi ketergantungan pada sektor ekonomi utama lainnya, serta memperkuat identitas lokal.

Jangan Lewatkan  Pemkab Nunukan Teken MoU Tingkatkan Pajak dan Retribusi Daerah

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Kepala OPD Kaltara, Korem 092/Maharajalila, Ketua MUI Kaltara, Kepala Kadin Kaltara, Ketua PHRI Kaltara, Ketua HPI Kaltara, Manager Perencanaan BUMN ITDC, Direktur Pusat Pengembangan Pariwisata UGM Yogyakarta. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Laura Harap Kader HMI Berkontribusi Memajukan Nunukan

Advetorial

Polda Kaltara Turunkan 3.863 Personil PAM Pemilu 2024

Advetorial

Ditpolairud Polda Kaltara Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu-sabu

Advetorial

Puluhan Tim Ikut Lomba Senam Yameto dan Lukiwol

Advetorial

Gubernur Pastikan Layanan SOA Tetap Berjalan

Advetorial

2 Ranperda Usulan Pemerintah dan 2 Ranperda Inisiatif DPRD Disetujui 

Advetorial

Datangkan Eks Pelatih PSM Makassar, Tim Sepak Bola Kaltara Diharapkan Lolos Pra PON

Advetorial

Alumni PTIK Angkatan 32 Kunjungi Desa Wisata Pimping dan Antutan