Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Rabu, 6 September 2023 - 10:32 WIB

Borneo Economic Community Dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Kalimantan

Jakarta (BERANDATIMUR) – Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kaltara menghadiri Borneo Business Roundtable di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Selasa 5 September 2023.

Borneo Business Roundtable merupakan forum inisiatif ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Indonesia dan Brunei Darussalam untuk mendorong perdagangan dan investasi di Kalimantan, Sabah, Sarawak, dan Labuan.

Ketua ASEAN-BAC Indonesia, M Arsjad Rasjid P. M, membuka forum yang dihadiri oleh Ketua ASEAN-BAC Brunei Darussalam, Puan Haslina Taib, dan Deputi Investasi dan Pendanaan Otorita IKN (OIKN), Agung Wicaksono.

Forum menyepakati kerja sama private sector di Kalimantan, Sabah, Sarawak, Labuan, dan Brunei Darussalam, dengan membentuk Borneo Economic Community (BEC). “Kita sudah menyepakati kerjama bersama private sector. Nah kesepakatan ini membuat yang namanya Borneo Economic Community,” jelas Arsjad.

Diketahui bersama, perpindahan ibukota negara ke Kalimantan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan oleh pemerintah daerah di sekitarnya, termasuk Provinsi Kaltara yang memiliki banyak potensi besar untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Arsjad menjelaskan bahwa IKN, yang akan diresmikan pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan HUT ke-79 RI, akan menjadi ibu kota masa depan Indonesia. IKN direncanakan sebagai kota yang inklusif, hijau, dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Gubernur Kaltara sangat mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin karena memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan membawa kemakmuran dan kemajuan khususnya di wilayah Pulau Kalimantan,” ucap Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Tidak berhenti hanya pada momen KTT ASEAN, kerjasama ini akan segera dilanjutkan bersama pemangku kepentingan lainnya pada bulan November di Pontianak, sebagai wujud keseriusan dalam pembangunan ekonomi di Pulau Kalimantan. (dkisp)///

Jangan Lewatkan  Minggu Kasih, Warga Keluhkan Lahan Parkir Semrawut Berpotensi Konflik

Share :

Baca Juga

Advetorial

Komitmen Bersama Wujudkan Pemilu Damai 2024
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemuli 2024 di Kabupaten Nunukan Sebanyak 146.226 Jiwa

Advetorial

3.578 Calon Pemilih Belum ber-KTP, Disdukcapil Nunukan: Siap Lakukan Perekaman

Advetorial

Gubernur Kaltara Apresiasi Peran BMF Majukan Pertanian dan Peternakan

Advetorial

Normalisasi Sungai Selor Ditargetkan Rampung Pada 2024

Advetorial

Polda Kaltara Cegah Radikalisme dan Terorisme

Advetorial

Gubernur Kaltara Sambut Baik Sinergitas ISEI Tarakan

Advetorial

Binrohtal Membentuk Karakter Anggota Polri Yang Humanis

Advetorial

Gubernur Kaltara Perkenalkan Produk UMKM ke Tokoh Nasional