Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Kamis, 17 Agustus 2023 - 07:36 WIB

Harvesting FKKB, Sarana Pengembangan Digitalisasi UMKM

Tanjung Selor (BERANDATIMUR) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara menggelar Festival Karya Kreatif Benuanta (FKKB) di Pangkalan Udara (Lanud) Anang Busra, pada 19-20 Agustus 2023.

Asisten Bidang Perekonomian Setprov Kaltara, Bustan, mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya Pemprov Kaltara untuk pengembangkan UMKM.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kaltara untuk hadir di kegiatan Harvesting Gernas BBI dan BBWI pada 19 – 20 Agustus pekan ini,” ajak Bustan pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Pada hari pertama agenda road to harvesting meliputi, Kaltara Investment Forum, Panggung Literasi dan Launching Buku, Milenial Talks, Talkshow Keuangan dan Performance Daerah Kaltara.

Sedangkan hari kedua adalah puncak acaranya, meliputi Zumba Party, Harvesting Ceremony, Gernas Pengendalian Inflasi Pangan (GPIP), dan Artist Performance (Ada Band). Menurutnya, Pemprov Kaltara terus melakukan upaya pengembangan UMKM.

“Setelah mendapatkan pelatihan para UMKM tersebut akan diseleksi untuk menjadi UMKM Champion yang akan dilombakan dalam kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (BBI/BBWI) Tingkat Nasional,” katanya.

Ia menjelaskan UMKM mempunyai peran yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian di Kaltara. Untuk diketahui pertumbuhan UMKM di Kaltara pada 2023 terdapat 20.447 unit yang tersebar di 5 kabupaten/kota dan telah memiliki Nomor Induk Berusaha atau telah berpindah ke ruang digital.

Masing-masing di Kabupaten Bulungan sebanyak 3,674 unit, 973 unit di Malinau, 1.491 unit di Tana Tidung, 4.157 unit di Nunukan dan 10.152 unit di Tarakan. Bustan menjelaskan, onboarding merupakan proses penyesuaian bagi UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar daring diantaranya market place.

Secara keseluruhan UMKM di Indonesia yang telah masuk di ruang digital sudah mencapai 20,7 juta pada 2023 dan ditargetkan 30 juta pada 2024. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Wagub Kaltara Yansen Tutup Ilau V Dayak Tenggalan

Share :

Baca Juga

Advetorial

Menuju Pembangunan Ekonomi Hijau yang Berkelanjutan

Advetorial

Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kaltara, Gubernur Singgung Soal Inflasi

Advetorial

Pelantikan Pengurus IKAHI Kaltara 2023-2026, Perkuat Kualitas Peradilan

Advetorial

Polda Kaltara Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Kayan 2024

Advetorial

Gubernur Kaltara Apresiasi Peran BMF Majukan Pertanian dan Peternakan

Advetorial

Polda Kaltara Gelar Sholat Id Bareng Warga

Advetorial

Kejuaraan Judo Kapolda Kaltara Cup 2024

Advetorial

Ditpolairud Polda Kaltara Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu-sabu