Home / Pemilu / Politik

Kamis, 15 Februari 2024 - 10:12 WIB

Penghitungan Suara di Kecamatan Nunukan Diwarnai Mati Lampu

Nunukan (BERANDATIMUR) – Pemungutan suara atau hari pencoblosan Pemilu 2024 telah berakhir pada Rabu, 14 Pebruari 2024 sesuai ketentuan perundang-undangan berakhir secara serentak pada pukul 13.00 Wita. Dilanjutkan dengan tahapan penghitungan suara di seluruh tempat pemungutan suara yang dimulai pukul 14.30 Wita diawali dengan penghitungan perolehan suara capres-cawapres.

Dilanjutkan dengan penghitungan suara DPR RI dan istirahat sholat Magrib. Usai istirahat, tepat memasuki tahapan penghitungan suara calon DPD RI, listrik tiba-tiba padam. Suasana tempat pemungutan suara (TPS) pun gelap gulita pada saat akan dilanjutkan penghitungan suara calon DPD RI.

Listrik diperkirakan padam selama satu jam menyebabkan penghitungan suara berhenti dan tertunda. Pantauan awak media ini pada sejumlah TPS di Kelurahan Nunukan Timur dan Nunukan Utara, petugas KPPS dan warga yang menyaksikan proses penghitungan suara memanfaatkan waktu untuk bercengkrama.

Bahkan tak sedikit, warga bercanda jangan-jangan pemadaman listrik di tengah-tengah proses penghitungan suara ada unsur kesengajaan. “Jangan-jangan ini (pemadaman listrik) ada unsur kesengajaan,” canda seorang warga di TPS 7 Pasar Baru Kelurahan Nunukan Timur.

Selama proses penghitungan suara, juga diwarnai dengan hujan namun tidak deras sehingga TPS yang berada di luar gedung menggunakan tenda tetap dapat dilanjutkan.

Listrik menyala kembali sekitar pukul 20.27 Wita, petugas KPPS langsung bergegas melanjutkan proses penghitungan suara calon anggota DPD RI dengan mempersiapkan kelengkapan sebagai antisipasi prosesnya bisa rampung lebih cepat.

Selama listrik padam, sebagian petugas KPPS memanfaatkan waktu untuk istirahat untuk menghilangkan kecapekan selama sehari melayani warga yang menggunakan hak pilihnya dan antisipasi kelelahan jika proses penghitungan berlangsung hingga dini hari.

Namun, antisipasi proses penghitungan tetap lambat rampung sejumlah TPS berlangsung hingga pagi hari. Secara keseluruhan proses penghitungan suara berlangsung aman dan lancar. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Kapolda Kaltara Cek Kesiapan Polres Malinau Hadapi Pemilu 2024

Share :

Baca Juga

Nasional

Ketum Parpol Kumpul di Istana Negara, Berpotensi Usung Ganjar-Prabowo

Nasional

Jokowi Bisiki Megawati Soal Capres 2024
Anggota DPR RI Incar Kursi Panas Gubernur Kaltara Pilkada 2024

Daerah

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?
Panwaslu Kota Kinabalu: Ada Perusahaan Menolak Memberikan Data WNI

Internasional

Panwaslu LN KK: Ada Perusahaan Menolak Memberikan Data WNI Saat Pencoklitan

Internasional

78.412 WNI Mencoblos di Sabah, Prabowo-Gibran Menang Telak
Koalisi Perubahan Klaim Bacawapres Anies Mengerucut 1 Nama

Nasional

Koalisi Perubahan Klaim Bacawapres Anies Mengerucut 1 Nama, Siapakah Gerangan?

Pemilu

PPK Mendadak Hentikan Rekapitulasi Suara Atas Arahan Lisan KPU RI. Ada apa?

Nasional

Nasdem dan Demokrat Bakal Merapat ke Koalisi PDIP, Denny: Bidak yang Dikorbankan