Home / Pemilu / Politik

Kamis, 15 Februari 2024 - 10:12 WIB

Penghitungan Suara di Kecamatan Nunukan Diwarnai Mati Lampu

Nunukan (BERANDATIMUR) – Pemungutan suara atau hari pencoblosan Pemilu 2024 telah berakhir pada Rabu, 14 Pebruari 2024 sesuai ketentuan perundang-undangan berakhir secara serentak pada pukul 13.00 Wita. Dilanjutkan dengan tahapan penghitungan suara di seluruh tempat pemungutan suara yang dimulai pukul 14.30 Wita diawali dengan penghitungan perolehan suara capres-cawapres.

Dilanjutkan dengan penghitungan suara DPR RI dan istirahat sholat Magrib. Usai istirahat, tepat memasuki tahapan penghitungan suara calon DPD RI, listrik tiba-tiba padam. Suasana tempat pemungutan suara (TPS) pun gelap gulita pada saat akan dilanjutkan penghitungan suara calon DPD RI.

Listrik diperkirakan padam selama satu jam menyebabkan penghitungan suara berhenti dan tertunda. Pantauan awak media ini pada sejumlah TPS di Kelurahan Nunukan Timur dan Nunukan Utara, petugas KPPS dan warga yang menyaksikan proses penghitungan suara memanfaatkan waktu untuk bercengkrama.

Bahkan tak sedikit, warga bercanda jangan-jangan pemadaman listrik di tengah-tengah proses penghitungan suara ada unsur kesengajaan. “Jangan-jangan ini (pemadaman listrik) ada unsur kesengajaan,” canda seorang warga di TPS 7 Pasar Baru Kelurahan Nunukan Timur.

Selama proses penghitungan suara, juga diwarnai dengan hujan namun tidak deras sehingga TPS yang berada di luar gedung menggunakan tenda tetap dapat dilanjutkan.

Listrik menyala kembali sekitar pukul 20.27 Wita, petugas KPPS langsung bergegas melanjutkan proses penghitungan suara calon anggota DPD RI dengan mempersiapkan kelengkapan sebagai antisipasi prosesnya bisa rampung lebih cepat.

Selama listrik padam, sebagian petugas KPPS memanfaatkan waktu untuk istirahat untuk menghilangkan kecapekan selama sehari melayani warga yang menggunakan hak pilihnya dan antisipasi kelelahan jika proses penghitungan berlangsung hingga dini hari.

Namun, antisipasi proses penghitungan tetap lambat rampung sejumlah TPS berlangsung hingga pagi hari. Secara keseluruhan proses penghitungan suara berlangsung aman dan lancar. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Gubernur Kaltara Sambut Baik Sinergitas ISEI Tarakan

Share :

Baca Juga

Anggota DPR RI Incar Kursi Panas Gubernur Kaltara Pilkada 2024

Daerah

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Incar Kursi Panas Kaltara, Bagaimana Nasib Zainal Paliwang?

Nasional

Hanura dan Partai Buruh Dukung Ganjar di Pilpres 2024
PKN Inginkan Nunukan Dipimpin Sosok Kompeten dan Kapabel

Kaltara

Nunukan Sebagai Beranda NKRI, PKN Tegaskan Butuh Pemimpin Kompeten dan Kapabel

Daerah

KPU Nunukan Segera Terima Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024
Hari Ini, KPU Nunukan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP Pemilu 2024

Kaltara

Hari Ini, KPU Nunukan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP dan Penyusunan DPS

Internasional

Perolehan Suara Golkar-Gerindra Bersaing Ketat di Sabah

Internasional

78.412 WNI Mencoblos di Sabah, Prabowo-Gibran Menang Telak

Pemilu

Sosialisasi Kampanye dan Bimtek Sikadeka, KPU Nunukan: Perhatikan Aspek Administrasi