Home / Daerah / Pilkada

Senin, 13 Mei 2024 - 14:28 WIB

Perekrutan PPK Pilkada 2024, KPU: Incumbent Bukan Penilaian Prioritas

Divisi Parmas dan SDM: Kelolosan Mempertimbangkan Regenerasi

Nunukan (BERANDATIMUR) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan, Kaltara mulai menyeleksi anggota Penyelenggara Pemilu Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024. Bahkan, sudah pada tahapan seleksi akhir yakni wawancara dan segera diumumkan yang lolos.

Ketua KPU Nunukan, Riko Ardiansyah yang ditemui di kantornya, Senin, 13 Mei 2024 menerangkan, seleksi calon anggota PPK sudah memasuki tahap akhir yang wawancara. Adapun jumlah calon anggota PPK yang mendaftar sebanyak 251 orang dan 250 orang yang lolos seleksi administrasi.

Ratusan pendaftar ini tersebar pada 21 kecamatan di Kabupaten Nunukan, dimana hanya lima orang yang akan diloloskan setiap kecamatan atau total 105 anggota PPK. Oleh karena itu, setiap tahapan seleksi dipastikan ada gugur dan tidak bisa melanjutkan tahapan seleksi berikutnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, perihal kriteria yang menjadi pertimbangan prioritas dalam kelolosan calon anggota PPK ini, Riko menegaskan juga bahwa dilihat dari hasil tes secara keseluruhan. Bahkan dia katakan, pengalaman pernah menjadi penyelenggara pemilu bukan pertimbangan prioritas dalam menentukan kelolosannya.

“Bukan masalah punya pengalaman sebagai penyelenggara pemilu yang akan menjadi pertimbangan prioritas untuk kelolosan calon anggota PPK. Tapi, lebih diprioritaskan masalah pengetahuan kepemiluanya, walaupun belum punya pengalaman sebagai penyelenggara pemilu,” terang dia kepada awak media ini.

Jadi, lanjut dia, tidak ada jaminan bagi anggota PPK Pemilu 2024 baru-baru untuk bisa lolos kembali menjadi penyelenggara pemilihan kepala daerah (pilkada) ini. Tetapi lebih mengutamakan pengetahuan kepemiluan yang dimiliki masing-masing calon.

Riko juga menyatakan, dari 251 pendaftar pada 21 kecamatan, sebagian punya pekerjaan sebagai ASN (PNS dan honorer). Namun, hal itu bukan penghalang untuk tidak dilolsokan karena alasan punya kesibukan lainnya, sementara penyelenggara pemilu harus fokus pada  tugas dan tanggungjawbanya pada tahapan Pilkada 2024 ini.

Jangan Lewatkan  KPU Nunukan Segera Terima Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024

“Memang anggota PPK harus siap bekerja penuh waktu 1×24 jam, tapi pekerjaan lain seperti PNS dan honorer bukan penghalang untuk dipertimbangkan tidak diloloskan. Karena nantinya ada pakta integritas,” sebut dia.

Komisioner KPU Nunukan Divisi Sosialisai, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muh Rusli Haeruddin mengutarakan, sekitar 70 persen yang mendaftar calon anggota PPK Pilkada serentak 2024 ini di Kabupaten Nunukan berstatus incumbent atau anggota PPK Pemilu 2024 baru-baru ini.

Namun, dia tegaskan pula bahwa bukan jaminan atau pertimbangan prioritas bagi incumbent untuk diloloskan kembali. Malah, pendaftar yang baru atau bukan incumbent lebih besar peluangnya untuk lolos karena belum punya catatan kinerja.

“Bahwa pernah menjadi anggota PPK dianggap jaminan untuk pasti lolos. Tidak. Malah pendaftar baru atau belum pernah menjadi penyelenggara pemilu yang punya peluang lebih besar untuk lolos karena belum ada catatan kinerja,” beber dia.

“Kalau incumbent ini kan sudah punya catatan apakah selama menjadi penyelenggara pemilu kinerja baik, kurang baik atau buruk, Jadi ada penilaian khusus bagi mereka,” kata Rusli seraya menambahkan bahwa kelolosan anggota PPK Pilkada serentak 2024 ini dipastikan mempertimbangkan regenerasi.

Ia juga memastikan, lima nama yang akan lolos menjadi anggota PPK pada 21 kecamatan dipastikan ada anggota baru (bukan incumben). Tapi dipastikan juga ada anggota yang lolos nanti berstatus incumben, minimal satu orang dalam setiap kecamatan. (Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Potret Buram Nunukan (3): Dibebani Biaya Pelepasan/Ijazah, Orangtua/Wali Murid Sempat Protes

Daerah

Dugaan Pelecehan Seksual di Disdukcapil Nunukan, Praktisi: Penyidik Dituntut Harus Cermat

Daerah

Dugaan Korupsi Proyek Jembatan Penghubung Sinjai-Kajang, 2 Tersangka Ditahan

Pilkada

PKN Nunukan Dorong Irwan Sabri Maju di Pilkada 2024

Advetorial

28 Calon TKI Asal Sulsel/Sulbar Diselamatkan dari Upaya Penyelundupan ke Malaysia

Daerah

Menjajal Jalan Darat Malinau ke Krayan, Inovasi dan Komitmen ZIYAP Membangun Kaltara

Daerah

Waspada! Banjir Mulai Merendam Perkampungan di Bantaran Sungai Sembakung, Nunukan

Daerah

Timsel KPU Kaltara Digugat di PTUN Samarinda