Home / Advetorial / Pemkab Tana Tidung

Kamis, 18 Mei 2023 - 20:41 WIB

Pemkab KTT Target 3 Besar Inovasi Mina Padi

Tana Tidung (BERANDATIMUR) – Kabupaten Tana Tidung (KTT) lolos 10 besar nominasi Anugerah Program Pembangunan Daerah (PPD).

Seleksi yang dimulai dari tahap administrasi oleh Pemprov Kaltara dilanjutkan penilaian tahap kedua oleh Bappenas.

Pada penilaian tahap kedua, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatakan, memaparkan program kerja sesuai tahapan mulai dari musrenbang yang dituang dalam RPJMD.

“Dalam paparan kami, tekun dan ulet dalam meningkatkan ekonomi Tana Tidung. Salah satu inovasi yang kami tawarkan, konsep pertanian Mina Padi yang terintegrasi padi dan kolam ikan, kemudian ada sarang burung walet,” ujarnya pada, Kamis 6 April 2023.

Inovasi Mina Padi, menjadi daya tarik sehingga bisa meyakinkan tim penilai. Bahkan dari 16 besar Kabupaten yang ikut di seluruh Indonesia, Tana Tidung masuk ke tahap ketiga untuk menentukan 10 besar.

Ibrahim mengapresiasi inovasi yang dibuatnya, baru sekali mengikuti seleksi Tana Tidung menjadi Kabupaten pertama dari Kaltara yang masuk tahap 3 penilaian 10 besar tingkat nasional.

“Harapan kita, Tana Tidung mudahan bisa masuk ke tiga besar. Kami sudah persiapkan data dengan detail. Misalnya tidak sampai mendapatkan tiga besar, tidak masalah, kita cukupi. Karena bisa sampai di 10 besar saja sudah luar biasa,” harapnya.

Anggota Tim Penilai Independen Anugerah PPD 2023, Rudianto Sumarwono mengungkapkan Pemerintah melalui Bappenas menilai pelaksanaan pembangunan di seluruh pemerintah di daerah, mulai dari level provinsi hingga kabupaten kota.

“Hasil pemenang dari Anugerah PPD Tahun 2023 ini akan disampaikan pada Muserenbang Nasional di Jakarta, Mei nanti. Jika jadwalnya sesuai, Presiden yang akan memberikan piagam penghargaan untuk tiga besar setiap level,” tuturnya.

Tim penilai juga terdiri para para pakar independent sebanyak 20 orang, Tim Penilai Utama sekitar 25 orang kemudian 100 evaluator.

Jangan Lewatkan  Pemprov Kaltara Akan Bangun Perumahan ASN di KBM

Hasil dari penilaian tahap ketiga ini juga akan dibawa dalam rapat pleno, karena di level Kabupaten ada 12 yang akan dicari 3 Kabupaten terbaik dinilai dari 200 indikator.

Pihaknya sudah melakukan kunjungan ke sejumlah program yang sudah dikerjakan Pemkab Tana Tidung, termasuk pusat Pemerintahan yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Ia menilai, secara pribadi semua inovasi sudah terlaksana dengan baik dan diterima oleh masyarakatnya.

“Penilaian yang terbaik dari masyarakatnya. Kalau memberikan program yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat, itu kemenangan yang paling tinggi,” tandasnya. (adv)

 

Share :

Baca Juga

Advetorial

Sekprov Kaltara Motivasi Pegawai

Advetorial

Warga Nunukan Ciptakan Mesin Pencuci Tali Rumput Laut

Advetorial

Gubernur Ajak Ormas dan Paguyuban Dukung Kamtibmas

Advetorial

Wabup Nunukan Apresiasi Sunatan Massal yang Digelar Dinkes-PKK

Advetorial

Pawai HUT Ke-24, Puluhan Ribu Warga Padati Alun-Alun Nunukan

Advetorial

UMP 2024 Dipastikan Naik, Kemnaker Janji Umumkan Akhir Nopember Ini.

Advetorial

KI Ingatkan Pentingnya Keterbukaan Informasi Jelang Pencoblosan

Advetorial

DPKP Kaltara Akan Serahkan Bantuan Alat Pertanian