Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Selasa, 11 Juli 2023 - 11:45 WIB

Pemprov Kaltara Sediakan Rp15,5 M Untuk SOA ke Perbatasan Negara dan 3T

Tarakan (BERANDATIMUR) – Program subisidi ongkos angkut (SOA) penumpang dan barang di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya bagi masyarakat di perbatasan dan daerah 3T (tertinggal, terpencil dan terluar) kembali berlanjut. Tahun ini, nilainya mencapai Rp 15,5 miliar.

Rinciannya, SOA penumpang Rp7.536.891.500 dan barang dianggarkan sebesar Rp8.001.700.000.

Adapun rute SOA penumpang, Tanjung Selor-Mahak Baru, Tanjung Selor-Long Pujungan, Tanjung Selor-Long Alango, Tanjung Selor-Long Ampung.

Kemudian, Tarakan-Long Layu, Tarakan-Long Bawan, Tarakan-Long Ampung, Nunukan-Long Layu, Nunukan-Binuang, Malinau-Long Bawan, dan Malinau-Binuang.

Sementara SOA pengangkutan bahan kebutuhan pokok dilakukan di wilayah Krayan, Lumbis, Seimenggaris, Pujungan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Long Ampung, dan Apau Kayan.

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang meluncurkan program SOA penumpang dan barang ke wilayah perbatasan dan pedalaman tahun anggaran 2023.

Hal ini ditandai dengan terbangnya pesawat Caravan/C208 B-EX rute Tarakan-Long Apung dan Tarakan-Long Bawan yang berangkat dari Terminal VIP, Bandar Udara Juwata, Kota Tarakan, Selasa, 11 Juli 2023.

Gubernur Kaltara sempat menyapa dan bersalaman dengan calon penumpang yang akan berangkat.

Seperti yang dikatakan Paliwang sapaan Gubernur Kaltara, dipastikan SOA tetap berlanjut ke sejumlah lokasi di Kabupaten Malinau dan Nunukan.

“Alhamdulillah, hari ini SOA penumpang maupun barang bagi masyarakat Kaltara khususnya yang tinggal di wilayah perbatasan dan pedalaman sudah bisa dinikmati,” kata Paliwang.

Pemprov Kaltara selalu berupaya untuk hadir di tengah masyarakat, dan semaksimal mungkin mendengar dan memahami kebutuhan masyarakat.

Sekadar informasi, SOA merupakan salah satu kebijakan pemerintah daerah untuk memberikan layanan penerbangan bersubsidi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sampai ke pedalaman.

Paliwang pun berharap masyarakat di daerah perbatasan dan pedalaman dapat memanfaatkan program ini.

Jangan Lewatkan  Gubernur Ajak Ormas dan Paguyuban Dukung Kamtibmas

Sebagai informasi, untuk SOA barang sendiri memiliki kapasitas angkut maksimal 1.200 kg. Ke depan, kapasitas pengangkutan barang akan ditambah dengan menambah armadanya. (dkisp)

Share :

Baca Juga

Bupati Nunukan Lepaskan Kafilah MTQ Muallaf ke-3

Advetorial

Bupati Nunukan Lepas Kafilah MTQ Mualaf 

Advetorial

Gubernur Kaltara Targetkan Jalur Malinau – Krayan Berfungsi pada 2024

Advetorial

Pemkab KTT Target 3 Besar Inovasi Mina Padi

Advetorial

Animo Masyarakat Tinggi, PKK Target 20 Anak Disunat Per Hari

Advetorial

Peran Penting Ulama dalam Memperkokoh Moral

Advetorial

Bupati Laura Harap Kader HMI Berkontribusi Memajukan Nunukan

Advetorial

Disnaker Nunukan Buat Posko Pengaduan THR Idul Fitri

Advetorial

Polres Malinau Lakukan “Police Goes to School”