Home / Advetorial / Pemprov Kalimantan Utara

Rabu, 12 Juli 2023 - 07:18 WIB

Gubernur Kaltara Paparkan Kondisi Kaltara Melalui Riset Inovatif

Tanjung Selor  (BERANDATIMUR) – Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menerima wawancara dari Tim 9 Riset Inovatif Produktif (Rispro) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Wawancara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Gubernur di Tanjung Selor sekira pukul 17.00 Wita, melalui kanal zoom meeting, Senin, 10 Juli 2023. Lewat wawancara itu, Gubernur memaparkan kondisi terkini di Kaltara.

Sebagai provinsi baru di Indonesia, Kaltara sedang giat-giatnya membangun untuk dapat mengejar perekonomian dan pembangunan provinsi lain di Indonesia.

Diantaranya, yakni pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning-Mangkupadi di Kabupaten Bulungan. “Pembangunan industri ramah lingkungan ini, nanti juga akan didukung dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai salah satu sumber energinya,”ujarnya.

Program Strategis Nasional (PSN) lainnya, seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), juga turut membuka peluang besar bagi Kaltara untuk semakin berkembang dan maju.

“Lokasinya yang berdekatan, kelak akan menjadikan Kaltara pintu masuk ke IKN Nusantara, baik dari sektor energi, pangan dan sektor penunjang lainnya,” kata Paliwang.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), adalah lembaga yang beroperasi di bawah Kemenkeu, Kemendikbud, serta Kemenag yang komitmen untuk mempersiapkan pemimpin profesional masa depan dan mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, serta berkeadilan.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister, doktor, dokter spesialis, dokter subspesialis dan fellowship bagi putra-putri terbaik Indonesia.

LPDP diharapkan dapat berperan banyak dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas SDM di Indonesia khususnya di Provinsi Kaltara, sehingga dapat membantu dan mendorong Indonesia Emas Tahun 2045 dari wilayah perbatasan.

Khususnya untuk meningkatkan jumlah SDM dengan latar belakang pendidikan di bidang energi terbarukan, pengelolaan lingkungan, pertanian berkelanjutan, atau pariwisata. (dkisp)

Jangan Lewatkan  Ratusan Regu Gerak Jalan Indah, Meriahkan HUT Kabupaten Nunukan Ke-24

Share :

Baca Juga

Advetorial

Paras Perbatasan Dipadati Penonton, Grand Final Lomba Karaoke Berlangsung Meriah

Advetorial

Pemprov Kaltara Sosialisasikan Pemanfaatan e-Katalog Lokal

Advetorial

Akreditasi Rumah Sakit Berperan Untuk Kualitas Layanan Kesmas

Advetorial

Gubernur Paliwang Beberkan Kondisi Perekonomian Kaltara yang Membaik

Advetorial

Gubernur Bakal Buka O2SN Tingkat Provinsi

Advetorial

Ditbinmas Polda Kaltara Bina Sat Kamling di KTT

Advetorial

Bupati Laura Harap Kader HMI Berkontribusi Memajukan Nunukan

Advetorial

Diskominfo Tana Tidung Berbagi