Home / Kaltara

Selasa, 21 November 2023 - 18:31 WIB

Kearifan Lokal Jadi Daya Tarik Andalan Pariwisata Kaltara

Tanjung Selor (BERADATIMUR) – Kearifan lokal menjadi salah satu daya tarik andalan dalam pengembangan sektor kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) karena budaya dan tradisi masyarakat tetap terjaga dengan baik yang tentunya diminati wisatawan.

“Kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata Kaltara yang mencirikan dia sedang berada di Kaltara, seperti Tanah Kuning, Pantai Amal, dan ini menjadi sesuatu hal yang penting,” ujar Gubernur Kaltaram Zainal A Paliwang.

Ia menegaskan, Kaltara memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, mulai dari keindahan alam yang mempesona hingga budaya yang beragam. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya optimalisasi potensi tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltara.

Sementara itu, Kecamatan Tanah Kuning sangat perlu diperhatikan pengembangannya mengingat potensinya yang berkaitan dengan pembangunan proyek strategi nasional yang masih berlangsung, yakni Kawasan Industri Hijau (KIHI). “Kearifan lokal akan menjadi salah satu nilai tambah yang akan diusung dalam pengembangan pariwisata di kedua kawasan tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, kearifan lokal dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti kegiatan seni dan budaya, kuliner, hingga produk-produk UMKM. “Dengan memadukan kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata, diharapkan wisatawan yang datang dapat merasakan pengalaman yang unik dan berkesan di Kaltara,” tuntasnya. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Kejuaraan Judo Kapolda Kaltara Cup 2024

Share :

Baca Juga

Kaltara

Ajudan Kapolda Kaltara Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Kaltara

LSM LIRA Soroti Proyek Pasar Sebengkok, Minta BPK Turun Tangan

Kaltara

APMS Rapti Indah Jarang Melayani Kendaraan Roda 2, Sering Ditemukan Mobil Truk Berisi Drum

Advetorial

Satlantas Polresta Bulungan Bantu Pelajar Menyeberang Jalan Raya

Kaltara

Victor Ratu Meneteskan Air Mata, Usai Ditetapkan Sebagai Ketua SMSI Kaltara Terpilih

Kaltara

Banjir Kiriman Mulai Genangi 5 Desa di Sembakung Atulai

Advetorial

Polresta Bulungan Galakkan Patroli di Wilayah Objek Vital

Advetorial

Polresta Bulungan Tingkatkan Pengamanan Gudang Logistik KPU