Home / Kaltara

Selasa, 21 November 2023 - 18:31 WIB

Kearifan Lokal Jadi Daya Tarik Andalan Pariwisata Kaltara

Tanjung Selor (BERADATIMUR) – Kearifan lokal menjadi salah satu daya tarik andalan dalam pengembangan sektor kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) karena budaya dan tradisi masyarakat tetap terjaga dengan baik yang tentunya diminati wisatawan.

“Kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata Kaltara yang mencirikan dia sedang berada di Kaltara, seperti Tanah Kuning, Pantai Amal, dan ini menjadi sesuatu hal yang penting,” ujar Gubernur Kaltaram Zainal A Paliwang.

Ia menegaskan, Kaltara memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, mulai dari keindahan alam yang mempesona hingga budaya yang beragam. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya optimalisasi potensi tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltara.

Sementara itu, Kecamatan Tanah Kuning sangat perlu diperhatikan pengembangannya mengingat potensinya yang berkaitan dengan pembangunan proyek strategi nasional yang masih berlangsung, yakni Kawasan Industri Hijau (KIHI). “Kearifan lokal akan menjadi salah satu nilai tambah yang akan diusung dalam pengembangan pariwisata di kedua kawasan tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, kearifan lokal dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti kegiatan seni dan budaya, kuliner, hingga produk-produk UMKM. “Dengan memadukan kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata, diharapkan wisatawan yang datang dapat merasakan pengalaman yang unik dan berkesan di Kaltara,” tuntasnya. (Redaksi)

Jangan Lewatkan  Evaluasi Kinerja Jajaran, Kapolda Kaltara: Bijak Dalam Bermedsos Hindari Gaya Hidup Hedon

Share :

Baca Juga

Kaltara

VIRAL – Diduga Mobil Berplat Polri Tabrak Warga Hingga Meninggal Dunia, Mapolsek Sekatak Dirusak

Kaltara

Wartawan Ini Terjun di Dunia Politik, Bismillah Maju Nyaleg Untuk Menjawab Pandangan Sinis

Advetorial

Kadivhubinter Polri Kunker di Polda Kaltara
Hari Ini, KPU Nunukan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP Pemilu 2024

Kaltara

Hari Ini, KPU Nunukan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP dan Penyusunan DPS

Kaltara

H-4 Lebaran Idul Fitri 1444 H, Air PDAM tak Mengalir, Kenapa?

Kaltara

Kunker ke Sabah, Gubernur Kaltara Sambangi Sekolah Indonesia di Tawau

Kaltara

Jika Lebaran Jatuh pada Hari Jumat, Apakah Sholat Jumat Diwajibkan?

Kaltara

PKN Malinau Daftarkan Bacaleg di KPU