Home / Kaltara / Politik

Sabtu, 25 Maret 2023 - 11:03 WIB

Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan Gabung di Partai Kebangkitan Nusantara

Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan, Herryagung Alang

Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan, Herryagung Alang

Nunukan (BERANDATIMUR) – Menyongsong pertarungan sengit pada Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Cabang Kabupaten Nunukan, Kaltara terus bergerak dengan mengedukasi dan meyakinkan masyarakat sesuai dengan visi misi partai bernomor urut “9” ini.

Sejumlah tokoh masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia ini telah resmi menyatakan bergabung dan menjadi kader dari partai besutan loyalis Anas Urbaningrum ini. Salah satunya, Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan, Herryagung Alang yang juga tokoh masyarakat asal Krayan.

Pada Jumat, 24 Maret 2023, Herryagung menyatakan, memilih dan menentukan penyaluran aspirasi politiknya di Partai Kebangkitan Nusantara telah melalui perenungan panjang. Selain itu, sebelum menentukan sikap bergabung di partai politik ini telah mengkomunikasikan dengan keluarga, kerabat dan masyarakat adat.

Pada intinya, semuanya sepakat kembali terjun di dunia politik dengan ketentuan mencari dan memilih partai politik yang punya komitmen untuk masyarakat secara keseluruhan. Nah, setelah mempelajari dan menganalisa semua visi misi partai politik yang akan ikut pada Pemilu 2024, pilihan jatuh kepada Partai Kebangkitan Nusantara.

Herryagung menilai, partai besutan loyalis Anas Urbaningrum, eks Ketua Umum Partai Demokrat dan eks Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pusat yang lebih tepat menjadi payung politik bagi dirinya dan masyarakat adat khususnya Suku Dayak pada Pemilu 2024.

PKN yang mengedepankan perjuangan dengan menjunjung tinggi sikap gotong royong, kebersamaan dan persahabatan yang berorientasi pada wawasan Nusantara, dia menganggap sangat tepat menjadi tempat penyaluran aspirasi masyarakat adat Dayak di Kabupaten Nunukan.

“Setelah mempelajari, menganalisa dan mencermati visi misi perjuangan dari PKN yang mengecepankan sikap gotong royong dalam persahabatan, dia akui sangat sesuai dengan harapannya selama ini,” ujar dia. Padahal, lanjut Herryagung sebelumnya telah pernah terlibat dalam partai politik yakni Partai Nasdem.

Jangan Lewatkan  Jelang Bebas, Anas Urbaningrum Titip Surat ke Loyalisnya "Waktunya Pulang"

Namun PKN dianggap unik dan komitmen mampu menjalankan dan menyelaraskan harapan dan keinginan masyarakat adat yang dipimpinnya sekarang. “Kami dari masyarakat adat Dayak sangat mengharapkan perhatian dan keterwakilan yang benar-benar mampu menerjemahkan harapan masyarakat adat,” kata dia kepada media ini.

Keberadaan PKN yang dipimpin I Gede Pasek Suardika ini, diharapkan mampu menerjemahkan harapan masyarakat adat khususnya Suku Dayak di Kabupaten Nunukan. Apalagi, PKN merupakan partai yang sangat menjaga ke-Nusantara-an.

Bergabung di PKN, lanjut Herryagung, dianggap telah menemukan tempat bernaung yang tepat bagi masyarakat adat Dayak di Kabupaten Nunukan. Oleh karena itu, dia berjanji dalam menghadapi Pemilu 2024 akan berjuang dengan maksimal demi kesuksesan partai ini dalam meraih perwakilan di parlemen.

Ia menyatakan, masyarakat adat Dayak telah bersepakat untuk mencari partai politik yang benar-benar bisa menjadi penyaluran aspirasinya. Partai yang punya komitmen dan konsisten dalam menjalankan aspirasi masyarakat adat.

“Kami kira PKN adalah partai yang tepat menjadi tempat untuk menyalurkan aspirasi bagi masyarakat adat Dayak. Baik Dayak Lundayeh, Dayak Agabag, Dayak Tengalan, Dayak Kenyah dan lain-lainnya,” terang Herryagung.

‘Kami butuh partai yang punya komitmen dalam menperjuangkan kepentingan masyarakat adat khususnya Suku Dayak,” ungkap dia.

Ketua Pimpinan Cabang PKN Kabupaten Nunukan M Rusman pada Sabtu, 25 Maret 2023 membenarkan telah bergabungnya Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan (Herryagung) di partai ini. Kepastian tokoh masyarakat asal Krayan ini ditandai dengan penyerahan foto KTP aslinya untuk pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Rusman optimis bergabungnya tokoh masyarakat adat Dayak ini dapat membawa Partai Kebangkitan Nusantara berjaya pada Pemilu 2024 sesuai visi misi partai yang berpijak pada jati diri yang Religius, Nasionalis, Kerakyatan, Kemakmuran, Keadilan dan Wawasan Nusantara. Sebagaimana semboyan dari PKN sendiri adalah MITREKA SATATA yang berarti Bersatu dalam Persahabatan dan Kesetaraan.

Jangan Lewatkan  PKN Malinau Daftarkan Bacaleg di KPU

Ia pun berterima kasih atas bergabungnya Ketua Lembaga Adat Dayak Kabupaten Nunukan di PKN. Ini membuktikan bahwa PKN semakin dicintai dan dicari masyarakat di Kabupaten Nunukan sebagai partai yang berkomitmen dan konsisten dalam bertindak demi masyarakat.

Bergabungnya sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai etnis ini, semakin menambah dan memperkuat optimisme M Rusman dalam bertarung pada Pemilu 2024 dan pemilihan kepala daerah pada Nopember 2o24.

Sekarang waktunya menunjukkan diri dalam memperbaiki segala harapan masyarakat Kabupaten Nunukan yang tidak dirasakan selama ini dengan rasa percaya diri dan tegak lurus pada komitmen, ucap Rusman.

Sebab PKN Cabang Nunukan, memang menginginkan semua etnis bergabung dan menjadi kader. Menurut dia, perbedaan warna adalah cermin ke-Nusantara-an yang hakiki dalam menyatukan persepsi menuju cita-cita bersama bagi kemajuan Kabupaten Nunukan. (***)

Share :

Baca Juga

Pemilu

Masa Tenang, Hari Galau Bagi Caleg

Kaltara

SOA Barang Via Sungai Dimulai Ke 3 Kecamatan di Nunukan

Kaltara

Jika Lebaran Jatuh pada Hari Jumat, Apakah Sholat Jumat Diwajibkan?
Mau Melarikan Diri, Pelaku pemubunuhan Karyawan PT BHP Mengaku Sakit Hati

Kaltara

Mau Melarikan Diri, Pelaku Pembunuhan Karyawan PT BHP Akui Sakit Hati

Kaltara

APMS Rapti Indah Jarang Melayani Kendaraan Roda 2, Sering Ditemukan Mobil Truk Berisi Drum

Pemilu

Bersama Parpol, Bawaslu Nunukan Inventarisir Potensi Pelanggaran Pemilu 2024

Kaltara

Masyarakat Adat Tolak Anies Baswedan Datang ke Kaltara
PKN Inginkan Nunukan Dipimpin Sosok Kompeten dan Kapabel

Kaltara

Nunukan Sebagai Beranda NKRI, PKN Tegaskan Butuh Pemimpin Kompeten dan Kapabel