Home / Daerah

Selasa, 29 Agustus 2023 - 23:56 WIB

Menjajal Jalan Darat Malinau ke Krayan, Inovasi dan Komitmen ZIYAP Membangun Kaltara

Oleh: Muhammad Rusman, SPd

Tiga hari sebelum hari H peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum bersama rombongan menjajal jalan darat dari Kabupaten Malinau menuju Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan menggunakan sepeda motor.

Jarak tempuh mencapai ratusan kilo meter dengan kondisi jalanan yang masih berlumpur pada musim hujan. Namun tidak menyurutkan tekad Zainal A Paliwang untuk mengarungi tantangan ini.

Sebuah langkah yang langka, patut diacungi jempol dari keinginan Gubernur Kaltara ini menjajal jalur darat menuju wilayah perbatasan RI-Malaysia tersebut.

Padahal, jalur darat ini penuh tantangan dan rintangan disebabkan kondisinya yang masih berlumpur. Masih sulit dilalui pada saat musim hujan dan berada di tengah hutan belantara.

Tekad ini, tak lain adalah sebuah komitmen dan inovasi dari pemerintahan Zainal-Yansen untuk melihat langsung akses jalan penghubung antar kabupaten itu. Harapannya, ke depan dapat mengambil kebijakan yang tepat khususnya dalam perampungan pembangunan infrastruktur jalan tersebut yang sangat berdampak pada bidang lain seperti ekonomi dan sosial budaya.

Menjajal jalur darat ini dilakukan bertepatan dengan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang mana akan digelar di wilayah perbatasan di Kecamatan Krayan. Momen yang sangat tepat ini, membuktikan semangat membara yang ditunjukkan Zainal A Paliwang untuk membangun daerahnya.

Semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Gubernur Kaltara, menjadi sebuah poin penting dalam menjaga “darah merahnya” membangun negeri. Meskipun dihadapannya tantangan membentang, tetapi tetap diarungi dengan nyali yang menyala-nyala.

FOTO: Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang bersama rombongan menjajal jalur darat dari Kabupaten Malinau menuju Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. FOTO: DKISP Prov Kaltara

Momen langka oleh seorang pemimpin yang dilakukan Gubernur Kaltara ini, patut diacungi jempol. Demi kesejahteraan masyarakatnya, tantangan dan rintangan yang tidak sepatutnya dilakukan tetap diterobos.

Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang – Yansen TP dengan tagline ZIYAP pada Pilkada 2020 ini, masih menjadi idola masyarakat Kaltara, dengan tagline barunya “Kaltara di Hati”.

Jangan Lewatkan  Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pembangunan infrastruktur jalan yang merata menjadi atensi besarnya selama dua tahun kepemimpinannya.

Salah satunya, pembangunan jalan penghubung antar kabupaten di wilayah perbatasan seperti Kabupaten Malinau-Krayan di Kabupaten Nunukan ini.

Jalan yang benar-benar baru dibuka di tengah hutan belantara tua ini, diharapkan ke depannya menjadi akses utama bagi masyarakat perbatasan. Dibukanya akses jalan ini, tentunya sangat membantu masyarakat di wilayah perbatasan untuk mendistribusikan hasil-hasil pertanian dan perkebunan.

Sekaligus kemudahan mendapatkan barang kebutuhan pokok sehari-hari dari dalam negeri. Akses jalan ini juga menjadi jawaban untuk mengurangi ketergantungan masyarakat di Kecamatan Krayan dan sekitarnya memperoleh bahan pokok sehari-hari dari negeri Jiran Malaysia.

Langkah Gubernur Kaltara ini sangat tepat, dengan menjajal akses darat tersebut untuk melihat langsung kondisi jalanan tersebut dalam menentukan kebijakan ke depannya.

Alhasil, usai mengarungi jalur itu langsung mengambil langkah akan merampungkan pembangunan jalur darat dari Kabupaten Malinau menuju Kecamatan Krayan ini paling lambat akhir tahun 2024.

Komitmen dan ketegasan dari seorang pemimpin semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat di wilayah perbatasan. Kebutuhan infrastruktur sangat penting dalam mengayun roda perekonomian masyarakat.

Selama ini, sejak puluhan tahun silam akses menuju Kecamatan Krayan hanya dapat ditempuh dengan jalur udara (pesawat). Dari ibukota Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan.

Ratusan kilo meter jalanan tembus ini patut menjadi atensi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Zainal-Yansen TP. Tidak lain, demi kemudahan masyarakatnya yang kesulitan akses darat untuk keluar dan masuk di wilayah yang berbatasan Sarawak, Malaysia ini.

Sebuah langkah brilian terus ditunjukan Zainal-Yansen selama dua tahun kepemimpinannya di Provinsi Kaltara.

Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum berswafoto dengan siswa-siswi. Pasangan Zainal-Yansen TP sangat konsen pada peningkatan kualitas pendidikan dengan meningkatkan beasiswa Kaltara Unggul. FOTO: DKISP Prov Kaltara

Bukan hanya bidang infrastruktur, tetapi bidang-bidang lainnya pun terus digenjot. Komitmen penuh inovasi pada setiap bidang kehidupan masyarakatnya diperlihatkan secara nyata, tanpa menunda-nunda waktu.

Jangan Lewatkan  Laura Ajak Masyarakat Nunukan Doakan Konflik Israel-Palestina Segera Berakhir

Meskipun kebutuhan infrastruktur jalan dan sarana prasarana fisik lainnya masih menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat perbatasan. Tetapi bidang lainnya tidak luput dari atensinya.

Fokus pada penyelesaian akses jalan darat dari Kabupaten Malinau menuju dan dari Kecamatan Krayan, banyak manfaat yang diperoleh masyarakat di daerah itu.

Pertama, tentunya suplai bahan kebutuhan pokok akan lebih mudah distribusikan ke Kecamatan Krayan melalui jalan darat itu. Meskipun jaraknya sangat jauh, tetapi lebih mendingan daripada menggunakan armada udara (pesawat) dari Tarakan dan Nunukan.

Kedua, harga barang kebutuhan sehari-hari masyarakat di lima kecamatan di wilayah Krayan dapat ditekan atau lebih murah dan diyakini lebih lancar ke wilayah perbatasan itu. Apabila jalanan tembus tersebut sudah rampung pengerjaannya karena sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Ketiga, perlintasan masyarakat akan semakin lancar dari Malinau ke Krayan dan sebaliknya.

Selain fokus pada pembangunan infrastruktur khususnya perlintasan antar kabupaten pada wilayah yang terisolasi. Pasangan ZIYAP terus melakukan terobosan nyata dan dinikmati langsung oleh masyarakat.

Diantaranya, semakin meningkatnya jumlah penerima beasiswa Kaltara Unggul bagi pelajar hingga mahasiswa. Jika tahun sebelumnya, jumlah penerima beasiswa ini hanya 2.000 orang meningkat tajam pada 2023 menjadi 7.000 orang.

Sebagaimana disampaikan Analis Kebijakan Ahli Madya pada Biro Kesra Pemprov Kaltara, H Basmar, SAg pada Jumat, 26 Agustus 2023.

Bukan hanya itu, penambahan ruang belajar bagi SMA sederajat terus ditingkatkan dilengkapi sarana prasarana terus digenjot.

Kepemimpinan pasangan Zainal A Paliwang dengan Yansen TP, bidang ekonomi di Kaltara juga terus menggeliat. Melalui langkah pembinaan yang intens kepada pelaku UMKM, selama dua tahun pemerintahannya.

Produk UMKM ini memang terlihat lokal tetapi kualitas dan kearifan lokalnya bernilai mancanegara.

Pasangan ZIYAP juga terus berinovasi dengan mengangkat harkat dan mempromosikan produk UMKM ke kancah nasional maupun internasional melalui pameran-pameran. Baik dilakukan oleh Dekranasda dan TP PKK serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Menggeliatnya UMKM ini tidak terlepas dari tangan dingin pasangan ZIYAP yang benar-benar punya kepedulian yang tinggi dan nyata. Dimana memberdayakan semua OPD pada tupoksi masing-masing.

Jangan Lewatkan  Galian Proyek CV Berkah El Shanum Ganggu Aktivitas Pembudidaya Rumput Laut

Efek positif dari inovasi pemerintahan Zainal-Yansen pada bidang ekonomi adalah harga bahan kebutuhan pokok selalu terjangkau yang dibuktikan dengan angka inflasi senantiasa terjaga di bawah standar nasional.

Kemudian pada bidang pembinaan keolahragaan dan generasi muda. Selama pasangan ZIYAP memimpin Kaltara, berbagai event olahraga dan kegiatan lainnya telah diikuti oleh anak-anak muda baik ajang regional maupun nasional.

Gubernur Kaltara Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum foto bersama atlet Pekan Olahraga Nasional saat pelepasan menuju Palembang. FOTO: DKISP PROV Kaltara

Seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Palembang, Sumatera Selatan, Pramuka di Cibubur, pertandingan olahraga tradisional dan lain-lainnya.

Gubernur Kaltara yang hobi berolahraga dan musik ini paham betul kebutuhan anak-anak muda zaman sekarang. Sebagaimana pernah diungkapkan pentingnya memperhatikan bakat bagi generasi muda dalam rangka pengembangan diri menuju generasi emas.

Tak lupa pula, pembinaan generasi muda yang terus dipacu seperti organisasi pemuda non pemerintah yakni KNPI, GMKI, HMI, PMII dan lainnya.

Lembaga-lembaga kepemudaan ini terus dibina dan didorong agar terlibat langsung dalam memajukan pembangunan di Provinsi Kaltara.

Tak hanya pembinaan generasi muda saja yang dimaksimalkan, pembinaan olahraga bagi jajarannya kalangan ASN pun menjadi atensinya. Diantaranya pengiriman kontingen pada Pekan Olahraga Nasional Korpri di Semarang, Jawa Tengah.

Tidak luput pula hubungan silaturahmi sekaligus pemberdayaan organisasi masyarakat adat semua etnis menjadi perhatian pasangan ZIYAP selama memimpin Kaltara ini.

Berkat terobosan tangan dingin dan inovasi jitu tanpa kenal lelah dari pasangan ZIYAP dalam menjalin hubungan baik pada semua kelompok masyarakat, menjadikan kondisi keamanan dan ketertiban di Provinsi Kaltara tetap terjaga dan kondusif.

Ditambah Provinsi Kaltara semakin dikenal di seantero nusantara ditandai dengan meningkatnya investor PMDN dan PMA menanamkan modalnya di daerah ini.

Disisi lain, pasangan ZIYAP sangat peduli kepada masyarakat yang terkena musibah seperti korban kebakaran. Punya gerakan cepat atau gercep tanpa menunggu waktu lama langsung turun menemui korban sekaligus memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Komitmen dan inovasi yang ditunjukkan Zainal-Yansen ini dalam menjalankan pemerintahannya, patutlah mendapatkan sejumlah penghargaan. Sebagai bukti kepiawaiannya memainkan orkestra di tengah-tengah persaingan global.

Majulah Kaltara-ku, Kaltara selalu di Hati di bawah kepemimpinan Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum – Dr Yansen TP, MSi.

(*) Penulis adalah Pemimpin Redaksi BERANDATIMUR.COM, sertifikasi wartawan UKW Utama 

Share :

Baca Juga

Daerah

2 Bengkel Terbakar di Jalan TVRI Nunukan, 4 Mobil Diselamatkan

Daerah

Calon Penumpang Kesal, Keberangkatan KM Lambelu dari Nunukan Diundur Sampai 3 Kali

Daerah

Perbakin Nunukan Sukses Gelar Lomba Menembak se Kaltimtara

Daerah

Sebelum Kejadian, Paisal Suka Melamun Diayunan dan Bersihkan Mobil
Pemusnahan Barang Sitaan

Daerah

BC Nunukan Hibahkan Ratusan Karpet Sitaan ke Pemda Nunukan

Daerah

Brakkkk…Kecelakaan Tunggal di Simpang Kadir Selisun, Pria Tewas di Tempat
Mobil Sitaan Bea Cukai Nunukan

Daerah

2 Mobil Sitaan Bea Cukai, Danang: Dijadikan Kendaraan Operasional Internal
Elpiji Menghilang di Nunukan

Daerah

Elpiji Selalu Menghilang, Warga Perbatasan Butuh Solusi